JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Ketua DPR Minta  Pemda Realisasikan 20 Persen Dana APBD untuk Pendidikan

Ilustrasi

JAKARTA – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan, pemerintah daerah harus merealisasikan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari APBD. Menurutnya, bentuk keseriusan daerah dalam meningkatkan pendidikan bisa terlihat pada pengalokasian dana di APBD.

Hal tersebut menurut Bambang guna merespons ketidakseriusan pemda dalam mengalokasikan 20 persen dana dari APBD untuk sektor pendidikan. Padahal, jumlah dana transfer dari pemerintah pusat ke daerah meningkat.

Baca Juga :  Ilmu Komunikasi UMS Berhasil Mendapat Akreditasi A, Akan Membuka Konsentrasi Peminatan Sesuai Kebutuhan Pasar

“Komitmen pemerintah daerah dalam mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk sektor pendidikan dinilai masih belum efektif,” ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (12/2/2018).

Menurutnya, DPR terus mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) lebih sinkron dalam hal penggunaan anggaran pendidikan di APBD.

Baca Juga :  SMPN 8 Solo Gelar Simulasi Penilaian Tengah Semester Secara Daring

“Meminta Komisi X mendesak Kemendikbud untuk mendorong pemda mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk pendidikan,” tegasnya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta Komisi X DPR mengevaluasi pengalokasian dana 20 persen dari APBD untuk pendidikan.

“Sehingga target dari pembangunan pendidikan oleh pemerintah dapat tercapai dan tepat sasaran,” pungkasnya. Tribunnews