JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Menang Adu Penalti, PSMS Lolos ke Semifinal Piala Presiden 2018

Para pemain PSMS Medan merayakan kemenagan. Jsnews/Satria

SOLO-Laga Persebaya Surabaya melawan PSMS di Stadion Manahan Solo, Sabtu sore (3/2/2018) sore berlangsung menegangkan.
Persebaya Surabaya harus mengakui keunggulan PSMS Medan. PSMS dipastikan lolos ke semifinal setelah menaklukkan Persebaya Surabaya menang drama adu penalti dengan skor 4-3. Pada 90 menit waktu normal, kedua tim bermain imbang 3-3.
Gol Persebaya dicetak Irfan Jaya, Ferinando Pahabol, dan Nelson Alom. Sementara itu gol PSMS masing-masing dicetak Wilfried N’Guessan Yessoh, Sadney Urikhob, dan Frets Butuan.

Pertandingan Babak Pertama

PSMS berhasil unggul 1-0 saat pertandingan berlangsung belum genap lima menit. Gol PSMS tercipta dari skema serangan balik.
Antonio Putro Nugroho melepaskan umpan silang dari sayap kanan yang mengarah tepat kepada Wilfried N’Guessan Yessoh. Yessoh berhasil menanduk umpan tersebut. Bola hasil sundulannya lantas mengecoh penjaga gawang Miswar Saputra dan menggetarkan jala Persebaya. Skor 0-1.
Delapan menit
Persebaya lantas menekan delapan menit kemudian. Bola lepas dari Ferinando Pahabol menghasilkan kemelut di depan gawang. Memanfaatkan situasi tersebut, Ricky Kayame mengambil alih bola dan melepaskan tendangan ke gawang. Beruntung bagi PSMS karena bola hasil sepakan akhir bomber Persebaya itu sekadar melambung di atas mistar.

Tekanan dari pemain Persebaya berlanjut. Persebaya berhasil menekan dan menciptakan peluang didapat Ferinando Pahabol. Pemain asal Papua itu melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti. Tendangan keras tersebut berhasil diblok pemain lawan. Penjaga gawang PSMS Abdul Rohim tanpa kesulitan menangkap bola.
Peluang untuk Persebaya kembali tercipta pada menit ke-30.
Ricky Kayame mendulang peluang lanjutan untuk Persebaya. Umpan silang Rendi Irawan dilanjutkannya dengan sepakan kaki kanan yang dapat diredam pemain PSMS. Persebaya kembali gagal mencetak gol.
Upaya tim berjuluk Bajul Ijo akhirnya berhasil. Pelanggaran penjaga gawang PSMS, Abdul Rohim terhadap Ricky Kayame di kotak terlarang menghasilkan hadiah penalti untuk Bajul Ijo. Irfan Jaya yang jadi eksekutor sukses menunaikan tugasnya dengan baik pada menit ke-32. Sepakannya ke sisi kanan mengecoh Abdul Rohim. Kedudukan menjadi imbang 1-1.
PSMS Medan kembali berhasil unggul tiga menit jelang laga babak pertama usai. Gol kedua PSMS tercipta berawal dari aksi individu Sadney Urikhob yang berhasil melewati pemain belakang Persebaya dan diakhiri dengan tembakan yang terukur.
Bola mengarah ke sudut kiri gawang, penjaga gawang Persebaya Miswar Saputra kembali harus memungut bola dari gawangnya. Keunggulan PSMS bertahan hingga turun minum.

Baca Juga :  Polisi Bekuk 4 Pelaku Penipuan Berkedok Lelang di Instagram, Kaesang Pangarep Nyaris Jadi Korban

Pertandingan Babak Kedua

Pada babak kedua PSMS kembali menciptakan kejutan. Tim Ayam Kinantan kembali berhasil mencetak gol dalam waktu yang belum genap satu menit.
Pemain depan PSMS Frets Butuan berhasil melakukan penetrasi melalui sayap kiri sayap kiri melewati para pemain belakang Persebaya. Frets berhasil melepaskan tendangan keras dan mengecoh penjaga gawang Persebaya Miswar Saputra. Keunggulan PSMS menjadi 3-1.
Persebaya berusaha merespons lewat dua peluang pada menit ke-58 dan 64, namun keduanya dapat digagalkan penjaga gawang Abdul Rohim. Juru selamat PSMS itu menggagalkan sundulan hasil kreasi Misbakhus Solikin dan peluang Ferinando Pahabol di depan gawang.
Upaya Persebaya untuk memperkecil kekalahan berhasil tercipta lada menit ke-66. Lolos dari jebakan offside, Ferinando Pahabol berhasil melewati tiga pemain belakang PSMS sebelum melepaskan tendangan dan mengecoh penjaga gawang Abdul Rokhim. Kedudukan pun berubah menjadi 2-3. Momentum kebangkitan Persebaya kembali menghasilkan gol. Hanya berselang tiga menit Persebaya berhasil menyamakan kedudukan 3-3.
Terciptanya gol bermula dari skema sepak pojok, bola muntah terlempar ke kotak penalti dan jatuh kepada Nelson Alom.
Nelson melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti meluncur keras ke gawang PSMS. Penjaga gawang Abdul Rokhim harus kembali memungut bola dari gawangnya.
Kedudukan 3-3 bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan babak kedua berakhir.

Baca Juga :  Muscablub Pemuda Pancasila Solo, Faisol Rifqi Terpilih Jadi Ketua

Drama Adu Penalti

Dalam adu penalti, ekskutor pertama PSMS Reinaldo Lobo gagal menuntaskan tugasnya, sepakannya melambung ke atas mistar gawang. Sementara eksekutor Persebaya Misbakhus Solikin berhasil menuntaskan tugasnya. Persebaya sementara unggul 1-0.

Pada giliran kedua, Legimin Raharjo dan Fandry Imbiri sama-sama berhasil mengecoh kiper lawan. Skor penalti menjadi 2-1.

PSMS lantas menyamakan posisi pada giliran ketiga. Wilfried N’Guessan Yessoh yang menjadi penendang Ayam Kinantan mampu menceploskan bola ke gawang, sedangkan Ferinando Pahabol yang jadi penendang untuk Persebaya gagal. Kedudukan penalti menjadi 2-2.
Pada giliran eksekutor keempat sama-sama gagal. Sadney Urikhob dan Abu Rizal Maulana tak dapat menambah perolehan skor. Kedudukan penalti tetap 2-2.

Frets Butuan dan Otavio Dutra yang mendapat momentum sebagai penentu situasi lantaran ditunjuk sebagai penendang kelima juga gagal. Keduanya tak berhasil menaklukkan penjaga gawang lawan, skor penalti lagi-lagi tak berubah dari imbang 2-2.

Pada giliran keenam, ketatnya pertandingan tak berkurang. Kedudukan penalti menjadi 3-3 setelah Suhandi dan Oktafianus sama-sama berhasil menceploskan bola ke gawang.

Pemenang pertandingan akhirnya ditentukan pada penendang ketujuh. Abdul Aziz yang jadi penendang PSMS sukses mengecoh penjaga gawang Miswar Saputra, sementara Osvaldo Haay gagal memperpanjang nafas Persebaya. Sepakan pemain asal Papua itu dapat digagalkan Abdul Rohim. Drama adu pinalti berakhir. Persebaya harus mengakui keunggulan PSMS dengan skor 3-4 dalam adu penalti. Tim Ayam Kinantan berhak lolos ke babak semifinal Piala Presiden 2018.

Satria Utama