JOGLOSEMARNEWS.COM Market Ekbis

Sido Muncul Ekspansi Pasar ke Filipina, Berikut Ini Alasanya…

Tim Sidomuncul saat melakukan survei pasar di kawasan Batangas, Manila, Filipina, belum lama ini.
Tim Sidomuncul saat melakukan survei pasar di kawasan Batangas, Manila, Filipina, belum lama ini.

JAKARTA-Guna memperluas pangsa pasar Sido Muncul, khususnya produk Tolak Angin dan Kuku Bima Energi, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul melakukan ekspansi ke pasar Filipina.

Sebagai bentuk keseriusannya dalam menggarap pangsa pasar di Filipina, Sido Muncul telah mendaftarkan kedua produk tersebut ke Food and Drug Adiministration Philippines dan telah mendapatkan ijin edar pada 10 Oktober 2017 untuk Kuku Bima Energi dan 16 November 2017 untuk Tolak Angin. Selain itu, Sido Muncul jugatelah mendirikan kantor cabang di Manila, Filipina.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi Joglosemarnews, Sabtu (10/2/2108) menyebutkan, Pada 22 Januari lalu, Tim Sido Muncul dipimpin oleh Maria Reviani Hidayat selaku Marketing Vice Director Sido Muncul, mengajak para peneliti produk Tolak Angin melakukan pertemuan dengan 65 sub distributor di Filipina. Para sub distributor ini berada di bawah naungan Integrated Marketing & Distribution Services/IMDS OPCOM (MANCOM) yang merupakan distributor resmi Sido Muncul di Filipina.

Baca Juga :  Adhiwangsa Hotel Gelar Intimate Wedding Simulasi New Normal

Tim Sido Muncul yang hadir adalah Carlo Lukman Windarto Director Sido Muncul, Linawati Suteja General Manager Marketing, Ludwig Brasali  Senior Marketing Manager Tolak Angin, Ipang DJunarko dari Fakultas Farmasi Universitas Sanatha Dharma Yogyakarta, Edi Dharmana selaku Peneliti Herbal & Guru Besar Universitas Diponegoro Semarang.

Dalam pertemuan tersebut, Sido Muncul memberikan pemaparan mengenai sejarah berdirinya perusahaan, pengenalan produk-produk Sido Muncul, hingga penelitian Uji Toksisitas dan Uji Khasiat pada produk Tolak Angin.

Marketing Vice Director Sido Muncul Maria Reviani Hidayat berharap dengan adanya pemaparan itu, dapat meningkatkan kepercayaan bahwa produk Sido Muncul aman dan berkhasiat, sehingga para sub distributor yakin dalam memasarkan produk-produk Sido Muncul.

Selain melakukan pertemuan dengan para Sub-Distributor Filipina, Tim Sido Muncul juga melakukan survey pasardi lima titik Wilayah Manila.

Baca Juga :  Waspada, Harga Emas Bisa Terjun Bebas Saat Vaksin Covid-19 Diproduksi Massal

“Tujuan survey ini untuk melihat daya beli masyarakat, produk-produk kompetitor, harga pasar, dan cara masyarakat lokal melakukan transaksi jual beli,” tambah Maria Hidayat.

Direncanakan pada April 2018 mendatang, produk Tolak Angin dan Kuku Bima Energi sudah dapat ditemui diberbagai outlet tradisional maupun modern di Filipina.

Terpisah, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menyampaikan upaya yang mereka  lakukan itu diharapkan masyarakat Filipina bisa menerima produk-produk Sido Muncul, khususnya Tolak Angin dan Kuku Bima Energi. Apalagi masyarakat Filipina memiliki tradisi minum jamu yang hampir sama dengan Indonesia.

Irwan juga menambahkan, sebelumnya, Sido Muncul telah membuka kantor cabang di Nigeria dan Filipina ini merupakan negara kedua. “Ke depannya, kami menargetkan untuk membuka kantor cabang di Malaysia, Vietnam, dan Guatamala.(Syahirul Alim)