JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UMS Gandeng Monash University, dari Pertukaran Staff hingga Riset Bersama

Rektor UMS, Sofyan Anief (tengah) didampingi Sekretaris Rektor, Anam Sutopo bersama dengan perwakilan dari Monash University
Rektor UMS, Sofyan Anief (tengah) didampingi Sekretaris Rektor, Anam Sutopo bersama dengan perwakilan dari Monash University

SURAKARTA-Dalam rangkaian lawatan ke Melbourne, Australia, Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta, Dr Sofyan Anif, MSi menanadatangi Nota Kesepahaman (MoU) antara UMS dengan Monash University Australia. Penandantanganan kerjasama itu dilakukan, Kamis (15/2/2018) kemarin di Monash University.

Dari pihak Monash University of Australia diwakili Prof Abid Khan (Deputy Vice Chancellor dan Vice President (Blobal Engagement) of Monas University, Melbourne – Australia. Penandatangan MoU ini dipayungi oleh Pendidikan Diktilitbang PP Muhammadiyah dalam program PTM Leaders Visit Australia 2018.

Menurut Rektor UMS, Sofyan Anief, penandantangan MoU dengan Monash University ini tidak boleh berhenti sebatas hitam di atas putih saja, namun harus ada implementasi aktif kedua belah pihak. Oleh karena itu, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan pihak yang berkompeten dan relevan di internal Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Baca Juga :  UNS Terima 148 Mahasiswa Program Permata Sakti

Dr Anam Sutopo, MHum, Sekretaris Rektor UMS dalam siaran persnya yang diterima redaksi menambahkan, setelah lawatan dari Australia maka Rektor UMS akan merespon dengan cepat pada implementasi kerja sama pada bidang Ekonomi dan Bisnis.

“Karena UMS memiliki Fakultas FEB yang tidak kalah pamornya dengan Ekonomi di Monash University. Di samping itu, tentu juga program staff exchange juga akan dilakukan di samping program international student mobility. Bidang yang tidak kalah penting yang akan dilakukan oleh Rektor UMS adalah kerja sama dalam bidang joint research and publication dalam rangka peningkatan mutu penulisan di jurnal internasional bagi dosen UMS,” ungkap Anam, Sabtu (17/2/2018).

Baca Juga :  Peduli Isu Penebangan Liar, Mahasiswa UNS Ciptakan Legator

Sofyan Anif menegaskan kedepan UMS akan semakin mengembangkan sayap dalam mempercepat program program yang ada menuju kampus berkelas internasional (world class university).

Marwantoro