JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Harga Daging Ayam dan Bawang di Sukoharjo Bergerak Naik

Operasi pasar di Pasar Gawok, Sukoharjo, beberapa waktu lalu
Operasi pasar beras di Pasar Gawok. JSNews/Aris Arianto

SUKOHARJO-Harga sejumlah bahan kebutuhan masyarakat di wilayah Sukoharjo, belakangan cenderung naik. Namun demikian masih dianggap wajar dan persediaan masih aman.

Informasi yang berhasil dihimpun dari sejumlah pasar tradisional di Sukoharjo, Senin (26/3/2018), harga beberapa bahan kebutuhan masyarakat mengalami kenaikan. Yakni daging ayam dan bawang putih.

Daging ayam pada pekan lalu masih bercokol di harga Rp30.000 per kilogram. Namun pada awal pekan ini baik menjadi Rp31.000 per kilogram. Sedangkan harga bawang putih dari awalnya Rp30.000, saat ini menjadi Rp32.000 per kilogram.

Baca Juga :  Catat Lur Ini Daftar Denda Bagi yang Tidak Memakai Masker di Sukoharjo, Awalnya 50 Ribu Kalau Masih Nekat Dendanya Bakal Digandakan

Sementara harga bahan kebutuhan masyarakat lainnya masih stabil. Untuk komoditi beras premium dihargai Rp11.000, dan kualitas medium seharga Rp10.000 per kilogram. Gula pasir satu kilogram dibandrol Rp11.500, dan minyak goreng curah Rp15.000.

Harga daging sapi murni masih Rp110 ribu seperti beberapa hari terakhir. Harga cabai merah besar Rp40.000, cabai rawit merah Rp40.000, cabai rawit hijau Rp25.000 per kilogram. Harga bawang merah tetap Rp25.000.

Salah satu pengunjung Pasar Kota Sukoharjo, Sutrisni mengatakan, saat ini harga masih dianggap wajar. Belum terjadi lonjakan harga yang terlalu signifikan. Namun demikian, pemerintah diminta tetap melakukan pengawasan.

Baca Juga :  Pelaku Penyerangan Pesilat PSHT di Makamhaji Berboncengan Motor dan Mengenakan Penutup Kepala Sambil Membawa Senjata Tajam

“Kalau sampai terjadi lonjakan yang signifikan, kemudian ada gejolak di tengah masyarakat, segera saja diadakan operasi pasar maupun pasar murah,” ujar dia.

Kepala Dinas Perdagangan dan Koperasi dan UKM Sukoharjo, Sutarmo menyebutkan, dari hasil monitoring dan pengecekan terhadap pedagang dan distributor persediaan bahan kebutuhan masyarakat di wilayah Sukoharjo masih mencukupi. Soal harga sejumlah komoditi yang cenderung naik menurut dia masih terkendali. Aris Arianto