JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Tips Dari Polres Wonogiri Hindari Skimming ATM

Anggota Polres Wonogiri memberikan imbauan kewaspadaan kepada nasabah di ATM, Selasa (20/3/2018)
Anggota Polres Wonogiri memberikan imbauan kewaspadaan kepada nasabah di ATM, Selasa (20/3/2018)

WONOGIRI-Kasus skimming kartu anjungan tunai mandiri atau Automatic Teller Machine (ATM) yang ramai diperbincangkan, menjadi perhatian tersendiri bagi Polres Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede menjelaskan, skimming adalah pencurian informasi seperti nomor PIN dan akun nasabah melalui mesin ATM. Pada dasarnya, pelaku skimming ATM menggunakan dua perangkat untuk mengetahui PIN dan data kartu. Satu perangkat diletakkan di dekat Anda memasukkan kartu ATM, kemudian membaca garis magnetik dan nomor akun. Selain itu biasanya juga terdapat kamera tersembunyi untuk mengetahui PIN.

“Penjahat bisa mendapatkan data secara real time. Mereka bisa saja berada di dalam mobil dengan laptop untuk mengakses perangkat tersebut,” jelas Kapolres, Selasa (20/3/2018).

Baca Juga :  Ada Balap Lari di Wonogiri, Bupati Joko Sutopo Alias Jekek Tekankan yang Penting Patuh Protokol Kesehatan

Skimming ATM ini, jelas Kapolres. tentu merugikan para nasabah. Jika tidak ingin menjadi salah satu korban, pihaknya mengimbau nasabah mencoba mengikuti tips berikut ini :

1. HATI-HATI SAAT MENEKAN PIN

Meski tidak ada orang lain saat berada di ATM, anda tetap harus selalu waspada. Kamera tersembunyi bisa saja sedang memantau aktivitas, termasuk mengetahui password anda.

Karena itu, saat menekan PIN ATM, anda harus menutupnya dengan tangan. Hal ini bisa mencegah pencuri mengetahui PIN Anda.

2. PERHATIKAN LOKASI ATM

Hindari menggunakan ATM di daerah redup dan malam hari. Hindari ATM di toko-toko ritel atau restoran.

Selain itu, ATM di bandara juga rentan terhadap aksi pencurian. ATM yang berada di luar bank juga menjadi target pencuri. Sebaiknya juga jangan terlalu sering ke ATM.

Baca Juga :  12 Warga Kecamatan Karangtengah Wonogiri Terjaring Razia Masker, Akhirnya Hal ini yang Dilakukan Tim Gabungan

3. PERIKSA SALDO REKENING SECARA TERATUR

Anda harus memeriksa saldo rekening secara teratur. Dengan begitu anda bisa segera mengetahui jika ada transaksi penarikan uang yang aneh. Pengguna kartu kredit biasanya lebih mudah mengetahui bahwa telah menjadi korban kejahatan. Karena tagihan kartu kredit biasanya selalu dikirimkan secara teratur.

4. PERHATIKAN KONDISI ATM

Anda harus memperhatikan dengan seksama ATM untuk memastikan keaslian slot kartu dan bukan tempelan. Terutama ketika sejumlah orang merasakan keanehan ketika memasukkan kartu ke ATM. Aris Arianto