JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jika Mau Urus Izin, Toko Modern yang Ditutup Paksa di Wonogiri Harus Tunggu Waktu Hingga 2019

Pengguna Jalan melintas di depan bangunan toko modern yang ditutup Pemkab Wonogiri.JSNews/Aris Arianto
Pengguna Jalan melintas di depan bangunan toko modern yang ditutup Pemkab Wonogiri.JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI-Pemkab Wonogiri hingga kini masih memberlakukan moratorium penerbitan izin toko modern hingga 2019 mendatang. Lantaran itu, toko modern yang telah ditutup paksa Pemkab Wonogiri beberapa waktu lalu, sampai sekarang belum bisa mengurus izin untuk syarat beroperasi lagi.

“Sampai 2019 mendatang, Pemkab Wonogiri tidak akan menerbitkan izin baru untuk pertokoan modern,” ungkap Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Wonogiri, Guruh Santosa melalui Kepala Bidang Perdagangan, Wahyu Widayati, Senin (26/3/2018).

Pemkab Wonogiri, ujar dia, kini segera memroses penyusunan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur persoalan perizinan toko modern terlebih dahulu. Penyusunan perda akan dilakukan pada 2018 ini.

Baca Juga :  Soal Pungutan Untuk Pengadaan Atribut Seragam, Seperti Ini Jawaban Pihak Sekolah, Bupati Berjanji Undang Pihak Terkait

Menurut dia, penyusunan perda karena ada regulasi baru mengenai perdagangan. Antara lain regulasi tentang tata kelola pusat perbelanjaan modern, Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 20 Tahun 2017 tentang tanda daftar pelaku usaha distribusi barang kebutuhan pokok, dan Permendag Nomor 8 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan pendaftaran perusahaan.

Dia menambahkan, perubahan regulasi sekarang ini berlangsung sangat cepat. Beberapa pelaku usaha yang aktif mencari informasi akan mengetahuinya. Tapi ada juga, para pelaku usaha yang tidak sempat mengakses informasi sehingga mereka tidak mengetahui perubahan regulasi tersebut.

Baca Juga :  Pasangan Josss dan Harjo Kumpulkan Dokumen Perbaikan Sesuai Batas Waktu yang Ditentukan, Masyarakat Diharap Beri Masukan dan Tanggapan

Sementara kalangan pengusaha di wilayah Kecamatan Baturetno yang tergabung dalam Paguyuban Wiraswasta Baturetno (Pawastu) mendukung penuh pembatasan pasar modern.

Ketua Pawastu Harjono, mengatakan optimisme terhadap kebijakan kerakyatan yang diambil Pemerintah Kabupaten Wonogiri didi tengah ketidakpastian situasi perekonomian yang dialami para pengusaha tersebut. Kebijakan daerah dengan membangun ekonomi kerakyatan dan membatasi pasar modern membawa harapan baru bagi pengusaha kecil. Aris Arianto