JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Perangkat Desa Sragen Kompak Lawan Statemen DPRD. Tepis Ada Pemaksaan Mutasi, Sebut Perbup Tak Tabrak Permendagri

Perwakilan Pradja Sragen saat menyampaikan pernyataan sikapnya terhadap Perda dan Perbup, Rabu (7/3/2018). Foto/Wardoyo
Perwakilan Pradja Sragen saat menyampaikan pernyataan sikapnya terhadap Perda dan Perbup, Rabu (7/3/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN– Pernyataan dari kalangan DPRD Sragen terkait Peraturan Daerah (Perda) No 8/2017 dan Peraturan Bupati (Perbup) SOTK Perangkat Desa,  yang dinilai meresahkan serta melanggar Permendagri,  mendapat tanggapan kontra dari perangkat desa. Kalangan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa (Pradja)  Sragen dengan tegas menolak anggapan tersebut.

Pernyataan itu dilontarkan pimpinan Pradja berikut puluhan perwakilan masing-masing kecamatan Rabu (7/3/2018). Ketua Pradja Sragen, Sumanto menegaskan bahwa baik Perda maupun Perbup sudah benar serta tak melanggar peraturan di atasnya.

Baca Juga :  Kepergok Gondol Motor Petani, Pemuda Grobogan Pasrah Bongkokan Dibekuk Warga Sragen

Pradja memandang dua produk hukum terkait Perangkat Desa di Sragen itu juga sudah sesuai dengan Permendagri. Menurutnya jika ada pihak yang menilai Perbup memaksakan desa harus melakukan mutasi dalam penataan perangkat desa,  hal itu adalah persepsi yang tidak benar.

“Intinya kami melihat enggak ada yang salah. Perda dan Perbup sudah benar sesuai Permendagri. Lalu mutasi dan penjaringan itu bukan pilihan tapi dua tahapan itu semuanya harus dilakukan oleh desa, ” paparnya.

Baca Juga :  Sosok H Marno, Produsen Benih Padi Sukses Asal Sidoharjo Sragen (Bag 2). Terobsesi Angkat Derajat Petani

Sumanto menguraikan tahapan mutasi dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi perangkat desa seperti Kaur, Kadus (bayan) dan lainnya untuk bisa menduduki jabatan Carik atau Sekdes yang notabene lebih tinggi. Hal itu justru dinilai bagus untuk mengakomodir dan menghadirkan asas keadilan terhadap pengabdian perangkat desa.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com