JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Ini Pentingnya Kenapa Produk Makanan Ringan UMKM Harus Disertai Label SNI dan Halal dari MUI!

Plt Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro saat meninjau produk makanan ringan UMKM Karangpandan. Foto/Humas Kab
Plt Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro saat meninjau produk makanan ringan UMKM Karangpandan. Foto/Humas Kab

KARANGANYAR–  Pelaksana Tugas (Plt)  Bupati Karanganyar, Prijo Anggoro Budi Rahardjo meminta kepada produsen makanan kecil (snack) di Karangpandan untuk mulai memperhatikan kemasan produk. Pasalnya kemasan dinilai penting dalam menunjang daya tarik dan pemasaran sebuah produk.

Menurutnya makanan kecil jangan hanya mengandalkan rasa saja tanpa kemasan yang baik.

“Justru dengan kemasan yang baik, maka sudah pasti konsumen akan mencoba dan kemudian membeli produk makanan kecil tersebut,” paparnya.

Ia meminta Disdagnakerkop UKM, Karanganyar untuk mengawal dan membantu produsen makanan kecil supaya kemasan lebih bagus lagi.

Baca Juga :  Tembaki Kucing dengan Senapan, Seorang Warga di Karanganyar Dilaporkan ke Polisi Oleh si Pemilik Kucing. Satu Ekor Mati, Dua Luka Ringan

“Bahan baku yang melimpah dan rasanya yang enak sudah pasti tentu harus didukung kemasan yang baik pula,.Dikemas sing apik dan sing ayu, ” papar Prijo Anggoro Budi Rahadjo saat penyaluran bantuan sosial non tunai program keluarga harapan (PKH) dan bantuan sosial pangan beras sejahtera di Terminal Makuthoromo, Karangpandan.

Dia menambahkan secara kemasan memang sudah baik namun perlu ditambahkan beberapa hal. Pertama dituliskan masa berlakunya atau tanggal kadaluwarsa.

Baca Juga :  Inilah Jurus Ampuh Gubernur Ganjar Bangkitkan Sektor UMKM

Dengan pencantuman tersebut masyarakat tambah yakin jika makanan tersebut layak konsumsi. Kedua yang juga penting yakni label SNI.

“Dodolan kok repot ya. Kalau untuk internal saja tidak masalah. Namun ke depan memberian label SNI perlu dan hal ini harus dibantu dinas terkait,” imbuhnya.

Yang tidak kalah penting, tambah Prijo adalah halal dari MUI. Selanjutnya, Plt bupati juga mengingatkan untuk terus menjaga rasa dan kualitas yang baik. Termasuk juga jangan ada campuran bahan pengawet. Wardoyo