JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Peringati Milad ke-54, IMM UMS Komisariat Adam Malik Gelar Ranking I

Suasana perlombaan Ranking 1 Adam Malik. Tim Akademia UMS
Suasana perlombaan Ranking 1 Adam Malik.
Tim Akademia UMS

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam rentang usianya yang menginjak 54 tahun ini telah berkiprah dalam membangun dan mengisi ruang kehidupan Mahasiswa Muhammadiyah dan Bangsa Indonesia. Perjuangan tersebut tentu sudah tidak diragukan lagi, terlebih gerakan tersebut berlandaskan bingkai kebersamaan atas prinsip toleransi dan kebhinekaan dari Muhammadiyah.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Surakarta (IMM UMS) kali ini memperingati miladnya dengan mengadakan kegiatan lomba, salah satunya Ranking 1 Adam Malik. Perlombaan tersebut bertempat di Masjid Ulil Albab Kampus 2 UMS, Rabu (14/3). Peserta dari lomba ini berasal dari berbagai fakultas, seperti Fakultas Komunikasi dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, dan lain sebagainya.

Krisna Aprilian selaku ketua panitia acara Ranking 1 Adam Malik menyampaikan bahwa acara ini sebagai bentuk rasa kekeluargaan atau solidaritas antar fakultas, organisasi mahasiswa, dan mahasiwa umum.

Lomba Ranking 1 Adam Malik sendiri adalah lomba cerdas cermat di mana seluruh peserta diberikan pertanyaan yang sama, namun dalam penilaiannya menggunakan sistem eliminasi. Bagi peserta yang dalam menjawab pertanyaan gagal, maka dia akan berhenti, namun bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar maka dia akan terus maju ke pertanyaan selanjutnya. Satu peserta yang dapat bertahan sampai akhir maka dia akan menjadi pemenang.

Baca Juga :  Uniba Solo Gelar Wisuda Sarjana Angkatan 47 Dengan Protokol Kesehatan Ketat

“kita memang ada kegiatan, tapi dulu itu berfokus pada internal dan sekarang ini kita mau mencoba mengajak seluruh fakultas, organisasi mahasiswa, dan mahasiswa umum untuk ikut merayakan ulang tahun IMM yang menginjak umur ke-54 tahun ini, supaya IMM juga bisa mempersatukan atau mempererat tali persaudaraan mahasiswa di kampus,”ujarnya.

Ekspresi para peserta yang telah gagal dalam perlombaan.
Tim Akademia UMS

Lomba ini tersusun dari dua sesi. Sesi yang pertama dimulai dari 15.00WIB-16.00 WIB sedangkan sesi yang kedua dimulai dari 16.00WIB-17.00 WIB. Acara dibuka dengan sambutan dari panitia IMM Komisariat Adam Malik.

Dari 40 peserta, didapatkan 2 juara dalam lomba Ranking 1 yang telah ditetapkan oleh para juri. Juara ranking 1 sesi pertama diraih oleh Fatihah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, sedangkan juara sesi kedua diraih oleh Gustia dari Fakultas Psikologi.

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

Roffan Rais Rueyanno, salah satu peserta mengaku kegiatan yang diikutinya itu sangat seru. Pasalnya, selain mendapatkan kenalan baru, dia juga bisa mendapatkan ilmu.

“Kegiatan lomba rangking 1 ini seru banget, manfaatnya sangat banyak seperti mendapat kenalan teman-teman baru dari Fakultas lain, mempererat tali persaudaraan dan ilmu yang bermanfaat bagi saya sendiri,” ungkapnya.

Dengan terselenggaranya acara tersebut, Krisna berharap mahasiswa dapat lebih mengenal IMM melalui acara-acara seperti ini.  Selain itu, dia juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk para mahasiswa yang turut berkontribusi dalam kegiatan ini. (TIM PRODI ILMU KOMUNIKASI UMS / Khairul Syafuddin / Alfin Daffa / Lutfia Nurus Afifah. Penanggung Jawab Sidiq Setyawan, M.Ikom)