loading...
Loading...
Ketua TP PKK Verawati Joko Sutopo memberikan potongan tumpeng kepada Wabup Edy.

WONOGIRI-Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Wonogiri saat ini harus lebih banyak bersinergi dengan OPD untuk memajukan daerah. Meskipun dalam menjalankan tugasnya, para ibu PKK ini tanpa mendapatkan gaji.

PKK juga dituntut mengurangi kegiatan yang bersifat seremonial. Sinergi dan lebih banyak terjun langsung ke lapangan itu mesti menjadi spirit baru TPPKK Wonogiri untuk mengatasi permasalahan sosial.

“TPPKK harus  bersatu, bergerak bersama mengatasi permasalahan sosial. Mari kurangi kegiatan seremonial dan tambah dengan kegiatan yang lebih menyasar ke masyarakat,” kata Ketua TP PKK Wonogiri, drh Verawati Joko Sutopo, Senin (12/3/2018).

Sebagai sebuah gerakan bagi pemberdayaan keluarga, PKK, sebut dia, memegang peran kunci bagi kesuksesan pembangnan di daerah. Hal tersebut lantaran program-program PKK langsung menyentuh masyarakat dalam lingkup yang paling kecil yaitu keluarga.

Baca Juga :  2 Warga Dusun Pageyan Desa Bero Manyaran Wonogiri Terima Bantuan Bedah RTLH

Dia mengingatkan PKK terus menggelorakan program baru yang diluncurkan. Berupa Program Keluarga 4 W 5 Sempuna, meliputi Waras, Wareg, Wasis, Wanggon, dan Waskito. Program tersebut mesti disinkronkan dengan program dari OPD. Program itu juga diharapkan bisa dicerna dengan gamblang oleh OPD.

“Kita ingin ikut berperan membangun Wonogiri, maka kita harus bersinergi dengan OPD terkait sekaligus menerapkan fungsi efisiensi anggaran,” jelas dia.

Wakil Bupati Edy Santosa menyampaikan apresiasi kepada gerakan pemberdayaan keluarga yang beranggotakan ibu-ibu dari berbagai kalangan ini. Program-program PKK tidak kalah dengan program OPD, malah lebih banyak. Bedanya para ibu-ibu ini bekerja degan tulus ikhlas dan tanpa digaji.

Senada dengan Ketua TPPKK Kabupaten Wonogiri, Wabup Edy Santosa menegaskan  agar TPPKK berperan aktif mengatasi permasalahan sosial di Kabupaten Wonogiri dengan program 4W 5 Sempurna serta momong cerdas yang telah dicanangkan. Dia mengingatkan supaya para anggota tidak melupakan peran pentingnya dalam keluarga. Yakni menjadi ibu yang memberikan yang terbaik bagi PKK maupun bagi Wonogiri. Aris Arianto

Loading...