loading...
Loading...
Tribunnews

Minuman oplosan dengan mencampur minuman energi dengan jenis lain tentu sudah bukan baramg baru lagi.

Bagaimana kalau diganti dengan anggu? Tapi ini bukan anggur bias.  Ini adalah anggur ular.
Mungkin minuman tradisional yang satu ink memgalahkan jenis minuman ekstrem lainnya.

Namanya Snake Wine alias Bir Ular atau minuman anggur ular. Bukan sekadar istilah, minuman ini memang benar-benar mengandung ekstrak ular!

Berdasarkan penelusuran Bir Ular ini merupakan salah satu minuman beralkohol yang dibuat dengan mencampurkan ular ke dalam anggur beras atau gandum. Ular dibiarkan larut dalam alkohol hingga mengeluarkan ekstrak racun.

Racun tersebut dipercaya tak berbahaya bagi kesehatan lantaran sudah dinetralkan menggunakan cairan etanol sehingga kandungan racun tidak aktif.

Menurut beberapa kepercayaan, minuman anggur ular tersebut bisa menyembuhkan keluhan mata rabun, rambut rontok hingga untuk meningkatkan vitalitas sebagaimana yang kerap kali dipromosikan di Vietnam.

Tak hanya ular, minuman serupa juga ada yang dibuat dari tokek dan kuda laut.

Anggur ular merupakan salah satu minuman keras ekstrem yang ada di Asia. Dibuat dari campuran alkohol dan bisa ular yang dilarutkan.

Minuman ini kali pertama tercatat dikonsumsi di China pada masa Dinasti Zhou Barat yang memerintah sekitar tahun 1040 hingga 770 sebelum masehi.

Namun kemudian, minuman tradisional yang dipercaya mampu mengembalikan kesegaran tubuh ini tersebar ke berbagai daerah, semisal ke India, Vietnam, dan berbagai daerah di Asia Tenggara.

Kini, produk minuman tersebut bisa ditemukan di sejumlah pasar di China, semisal di Pasar Jalan Huaxi.

Dua Jenis Anggur Ular

Terdapat dua jenis anggur ular yang tersedia di pasaran. Pertama, dengan larutan ular utuh. Seekor ular berbisa dilarutkan ke dalam toples gelas anggur beras atau alkohol gandum.

Kadang-kadang ini dicampurkan dengan ular kecil dan berbagai tanaman obat. Larutan itu kemudian dibiarkan selama berbulan-bulan supaya benar-benar larut.

Anggur ini bisa diminum sebagai obat dalam bentuk cangkir kecil. Kedua, ular dibuat sebagai campuran. Caranya, cairan segar dari tubuh ular dicampur langsung ke dalam alkohol siap konsumsi.

Biasanya dilakukan dengan cara mengiris bagian perut ular, kemudian mengalirkan darahnya ke dalam alkohol. Variasi dari minuman ini yakni anggur empedu ular yang dilakukan melalui metode yang sama dengan menggunakan isi kantung empedu, dan anggur jantung ular yang mengandung jantung ular yang sering masih berdetak.
Hiiiii…anda berani mencobanya? # Tribunnews

Loading...