JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tingkatkan Produksi Padi Kodim 0728 dan Dispertan Bikin Demplot Bersama

Penanaman padi demplot di lahan Dusun Segawe, Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri
   
Penanaman padi demplot di lahan Dusun Segawe, Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri

WONOGIRI-Untuk meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Wonogiri, Kodim 0728 Wonogiri membuat demplot padi seluas satu hektare bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri. Demplot berlokasi di Dusun Segawe, Desa Purwosari, Kecamatan Wonogiri.

Lahan demplot merupakan milik Gapoktan Ngesti Utomo dengan varietas padi Sunggal. Padi yang ditanam diprediksi berusia 90 hari sudah panen. Penanaman padi menggunakan sistem jajar legowo (jarwo), untuk memperbanyak tunas dan meningkatkan jumlah rumpun.

Baca Juga :  Setyo Sukarno Bakal Daftar Cabup Wonogiri Lewat PDI Perjuangan

Dandim 0728 Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh, diwakili Pasiter Kapten Inf Agus Priyanto mengharapkan lahan percontohan ini akan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian khususnya padi. Muaranya bisa mendukung program pemerintah daerah dalam ketahanan pangan.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mensukseskan swasembada pangan,” ujar dia, Sabtu (14/4/2018).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri, Safuan mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama dengan Kodim 0728 Wonogiri dalam rangka peningkatan pelaksanaan Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale). Usai penanaman dilaksanakan pemupukan berimbang, demikian juga untuk pengendalian hama terpadu juga diterapkan.

Baca Juga :  Pesta Siaga Ranting Karangtengah Wonogiri, Gembira Semangat Inovatif dan Terampil

“Mudah-mudahan di akhir nanti ada peningkatan produksi, rata-rata sekitar 5,9 ton/hektare gabah kering. Diharapkan pula pendapatan petani akan naik,” jelas dia. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com