Beranda Edukasi Kesehatan Anda Penderita Maag, Ini Tips Aman Berbuka Puasa

Anda Penderita Maag, Ini Tips Aman Berbuka Puasa

35
BAGIKAN
Iluatrasi/Tribunnews

Para penderita maag yang ingin menjalankan puasa tidak perlu khawatir penyakitnya itu kambuh sehingga terganggu.

Menurut dr H Ari Fahrial Syam dari Divisi Gastroenterologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan jika puasa yang baik justru bermanfaat dan bisa menyembuhkan sakit maag secara total.

Bagi pengidap sakit maag yang ingin berpuasa, makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan yang tidak merangsang lambung, yaitu yang tidak terlalu pedas, tidak terlalu asam, bahan makanannya tidak menghasilkan gas dalam saluran cerna, tidak mengandung kafein, atau soda.

Yang tak kalah diperhatikan adalah menu saat berbuka. Meski sudah menahan lapar seharian, namun saat berbuka puasa jangan terburu-buru melahap banyak makanan yang sudah tersedia di meja.

Bagi orang yang memiliki masalah pada lambungnya, hal itu dapat memicu naiknya asam lambung, seperti GERD. Dokter Spesialis Penyakit Dalam-Konsultan Gastro Enterologi Hepatologi Murdani Abdullah menyarankan untuk makan secara bertahap pada saat berbuka puasa.

Sebab, sering kali keluhan pada lambung muncul setelah berbuka puasa atau pada malam hari.

“Bukanya pelan-pelan, mungkin empat kali makan, tapi makan sedikit,” kata Murdani Abdullah.

Selain itu, porsi makan juga harus diperhatikan. Sebaiknya makan dalam porsi kecil dan sering. Perhatikan pula asupan makanannya. Jika memiliki masalah asam lambung, sebaiknya hindari makanan yang digoreng, cokelat, makanan tinggi lemak, juga mi instan.

Baca Juga :  Makanan Lebaran Sisa? Ini Tips Menyimpannya

Tak terkecuali minuman yang dapat merangsang reaksi lambung seperti soft drink, kopi, atau teh pekat sebaiknya dihindari selama bulan puasa. Selain itu, berikan jeda sekitar dua jam antara waktu makan dan tidur malam.

Menurut Mirdani tidak ada halangan berpuasa bagi umat muslim yang memiliki masalah pada lambungnya. Beberapa kasus masalah pada lambung menurut Murdani bisa diatasi dengan obat-obat sehingga tetap bisa menjalankan ibadah puasa.

Yang perlu diingat usahakan jangan stres, karena stres akan meningkatkan sekresi asam lambung yang tentunya akan memperparah sakit maag yang sudah diderita.  

www.tribunnews.com