JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Anggaran Program Mudik Gratis Wonogiri Meningkat. 43 Bus Dikerahkan

Pemudik menurunkan motor dari truk pengangkut dalam program mudik gratis tahun lalu
Pemudik menurunkan motor dari truk pengangkut dalam program mudik gratis tahun lalu

WONOGIRI–Kembali Pemkab Wonogiri memfasilitasi para perantau yang ingin berlebaran di Wonogiri melalui program mudik gratis tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan Wonogiri, Ismiyanto mengatakan, untuk program mudik gratis, Pemkab Wonogiri telah menganggarkan dana Rp 850 juta dari APBD Wonogiri 2018.

Dia menyebutkan, anggaran mudik gratis tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu yang hanya pada kisaran Rp 750 juta. Anggaran tersebut termasuk pengadaan bus dan  fasilitas konsumsi kalangan pemudik serta untuk biaya operasional koordinator lapangan.

Baca Juga :  Jalan Tembus Manyaran-Selogiri Jadi Impian Warga Puluhan Tahun Lamanya, Terwujud Melalui Pelaksanaan TMMD Sengkuyung di Dusun Gembuk Desa Bero Kecamatan Manyaran Wonogiri

“Karena regulasi, maka untuk pengadaan kendaraan mudik gratis ini dilelang. Dan saat ini proses lelang sudah final, pemenangnya dari Bandung,” kata dia, Sabtu (26/5/2018).

Rencananya, rombongan akan diberangkatan dari sebelas titik pemberangkatan pada H-5 lebaran.
Pemkab menyediakan total 43 unit bus.

Baca Juga :  79 Keluarga yang Lulus Program Keluarga Harapan Atau PKH di Wonogiri Terima Bantuan Kewirausahaan 500 Ribu

Rencananya, rombongan pertama pemudik tiba di Wonogiri akan diterima langsung oleh Bupati di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Selanjutnya mereka dipilah-pilah dan disebar sesuai tujuan. Misalnya ke Kecamatan Jatisrono, Purwantoro, Pracimantoro dan Baturetno. Aris Arianto