loading...
foto: teras.id

JAKARTA-Final Liga Champions sudah dimenangkan Real Madrid. El Real menjadi juara kompetisi antar klub Eropa untuk ketiga kalinya secara beruntun setelah mengalahkan Liverpool, Minggu (27/5/2018) di Kiev, Ukraina dengan skor 3-1.

Kemenangan Madrid melalui gol yang dicetak Kareem Benzema (menit 51) dan Gareth Bale (64, 82). Sedangkan gol balasan dari Liverpool dicetak Sadio Mane (55).

Liverpool sebenarnya menampilkan permainan menyerang terutama pada 20 menit babak pertama. Berkali-kali anak asuh Jurgen Klopp tersebut memberikan ancaman di zona pertahanan Real Madrid. Namun, inisiasi serangan yang dibangun oleh Mohamed Salah dan kawan-kawan masih terbentur dengan kokohnya baris pertahanan Los Blancos yang dikomandoi Sergio Ramos.

Keadaan menjadi kurang menguntungkan bagi kubu The Reds pada menit ke-25. Berawal dari duel antara Mohamed Salah dan Sergio Ramos yang sedang memperebutkan bola, kedua pemain terjatuh. Tak lama setelah itu, Salah terlihat mengerang kesakitan sambil memegangi pundaknya.

Tim medis segera memberi penanganan namun hasilnya percuma. Beberapa menit setelah mendapatkan penanganan medis, Salah tetap mencoba untuk melanjutkan permainan. Rasa sakit atas cedera yang dia rasakan memaksanya untuk keluar dari permainan digantikan oleh Adam Lallana. Mohamed Salah terlihat berjalan keluar lapangan sambil menangis.

Baca Juga :  Piala Indonesia, Ricuh Pertandingan PS Tira Vs PSIM Jogja Dihentikan

Pentingnya Salah bagi Liverpool begitu terasa pasca keluarnya pemain berkebangsaan Mesir itu dari lapangan. Real Madrid menjadi mendominasi jalannya pertandingan. Barisan pertahanan Madrid lebih berani keluar membantu serangan. Namun, tetap saja kedua tim sama-sama kesulitan untuk mengkonversi peluang menjadi gol. Babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Di babak kedua, kesalahan fatal yang dilakukan kiper Liverpool Loris Karius di menit ke-51 harus dibayar mahal. Melempar bola untuk dioper ke rekan setimnya, bola diblok oleh kaki Karim Benzema. Bola menuju pelan namun pasti tepat ke dalam gawang Liverpool. Skor 0-1.

The Reds masih menunjukkan semangat mereka meskipun dalam posisi tertinggal. Hasilnya berbuah manis. Berawal dari sepak pojok, bola mampu disundul oleh Dejan Lovren. Bola sundulan ini diteruskan oleh Sadio Mane menaklukkan Keylor Navas menjadi gol. Skor 1-1.

Baca Juga :  Piala Indonesia, Ricuh Pertandingan PS Tira Vs PSIM Jogja Dihentikan

Hal paling krusial dalam pertandingan ini adalah masuknya Gareth Bale menggantikan Isco pada menit 60. Kepercayaan Zidane kepada pemain Wales tersebut dibayar penuh hanya dalam waktu empat menit setelah dirinya masuk ke lapangan. Bale mencetak gol bicycle kick spektakuler menyambut umpan silang Marcelo pada menit ke 64.

Meski kembali dalam posisi tertinggal, Liverpool tetap belum kehilangan harapan. Beberapa inisiasi serangan yang dibangun pemain Liverpool menghasilkan beberapa peluang, salah satunya tendangan mendatar Sadio Mane pada menit 69 yang membentur mistar gawang. Namun peluang-peluang ini tidak ada satupun yang menjadi gol.

Gareth Bale menunjukkan kembali tajinya pada menit ke-82. Pemain yang sempat menyandang status sebagai pemain termahal di dunia tersebut melepaskan tendangan keras kaki kirinya dari luar kotak penalti. Bola sebenarnya berhasil ditepis oleh Karius, namun bola muntah masih menghujam mengarah ke dalam gawang menjadi gol untuk Real Madrid.

Baca Juga :  Piala Indonesia, Ricuh Pertandingan PS Tira Vs PSIM Jogja Dihentikan

Skor 3-1 tidak berubah hingga pertandingan berakhir. Real Madrid kembali menjadi juara liga Champions yang ke 13. Gelar ini juga menunjukkan keperkasaan anak asuh Zinedine Zidane tersebut di Eropa. Madrid menjuarai Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun dan gelar ini adalah gelar mereka yang keempat dalam lima tahun terakhir.

www.teras.id

 


Loading...