loading...

Pehobi mancing menyusuri pinggir genangan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

WONOGIRI-Ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa bisa dilakukan di banyak tempat. Tapi di lokasi yang satu ini, kita bisa ngabuburit sambil menikmati panorama indah waduk dan deretan perbukitan.

Jika beruntung kita bisa memperoleh ikan segar. Semua itu bisa diperoleh di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri.

Ya, ngabuburit sambil memancing ikan di WGM sudah menjadi semacam kebiasaan bagi puluhan bahkan ratusan warga di Wonogiri. Lokasi tepatnya adalah di pinggiran genangan waduk daerah Kecamatan Wonogiri, Wuryantoro, Eromoko, Nguntoronadi, maupun Baturetno.

Ada yang memilih memancing dengan tetap duduk atau berdiri di daratan. Namun sebagian ada yang lebih suka menceburkan diri ke dalam perairan atau istilahnya nyobok. Sebagian lagi puas dengan naik sampan hingga ke tengah waduk.

“Kalau saya suka di darat. Jadi kalau mau mendekati waktu berbuka, bisa cepat berkemas pulang,” terang Wahyu, warga Kecamatan Wonogiri, Kamis (17/5/2018).

Dia mengaku datang bersama empat temannya ke WGM selepas ashar. Baru setengah jam memancing, tiga ekor ikan Nila sebesar telapak tangan orang dewasa sudah berhasil dientaskan.

Loading...

“Rencananya nanti mau digoreng buak lauk sahur,” ujar dia.

Pehobi mancing lainnya, Trisno warga Baturetno mengatakan memilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumah. Sehingga saat mendekati berbuka, bisa segera pulang.

“Berbukanya di rumah, jadi mancing hanya untuk menunggu waktu. Makanya saya ajak anak-anak. Tapi rencananya tidak setiap hari, ya kalau waktu ada dan anak-anak tidak sedang jadwal mengaji di masjid,” jelas dia.

Menurut dia, menunggu berbuka dengan memancing banyak manfaatnya. Selain melatih kesabaran, juga sambil mendapatkan ikan gratis untuk lauk di rumah. Di samping itu, mengajarkan anak tentang kebesaran Allah yang telah menciptakan dunia begitu indah.

Wah, menarik sekali dan tentunya bisa nih dimasukkan ke daftar lokasi favorit ngabuburit pembaca setia Joglosemarnews.com. Aris Arianto

Loading...