loading...
Letusan Gunung Merapi. Dok. BNPB

MAGELANG-Gunung Merapi masih menunjukkan aktifitasnya. Pada Rabu (23/5/2018), terjadi letusan freatik durasi 4 menit ketinggian 2000 meter.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, letusan teramati dari PGM.Jrakah dan PGM. Kaliurang menuju arah barat daya. Visual dari kamera thermal dan CCTV kawah merapi saat letusan tertutup kabut tebal.

“Cuaca saat ini dari Pasar Bubar Merapi angin bertiup sedang hingga kencang ke barat daya ke Kabupaten Magelang. Status Waspada,” kata dia.

Baca Juga :  Sosok Bripka F, Polisi Pelaku Pembubaran Balap Liar Beraroma Smackdownn di Depan Rumdin Bupati Sragen. Nggak Nyangka Ternyata Begini Tabiatnya..

Beberapa wilayah di Kabupaten Magelang terpapar hujan abu. Meliputi : Keningar, Sumber, Ngargomulyo, Ngadipuro, Wates, Kalibening, Dukun, Kota Mungkid, Muntilan, Sawangan, Pabelan, Tempuran, Candimulyo, Ketep, Blabak, Kalinegoro, dan Salaman.

Himbauan kepada masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang, selalu wasapada dalam beraktivitas. Gunakan masker dan kaca mata untuk antisipasi jika beraktivitas di luar ruangan. Tetap pantau perkembangan aktivitas G.Merapi melalui berita dan sumber informasi terpercaya (BPPTKG, BMKG, BNPB, BPBD).

Baca Juga :  Tak Hanya HP, Aksi Pencurian di Gadungan Kismantoro Menyebabkan Korban Kehilangan Puluhan Bungkus Rokok dan Beras

“Untuk para pendaki G.Merapi berdasarkan Taman Nasional Gunung Merapi untuk sementara seluruh kegiatan pendakian ditutup,” tandas dia. Aris Arianto


Loading...