loading...

Ruang VCT untuk berkonsultasi seputar HIV/AIDS di RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri

WONOGIRI–Dari 25 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Wonogiri, tidak ada satupun yang terbebas dari penyebaran penyakit HIV/AIDS.  Saat ini total ada 418 kasus penderita HIV/AIDS, dengan kasus baru tahun ini sebanyak 30 buah.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Wonogiri, Ige Budiyono menegaskan, perkembangan penyakit HIV/AIDS dari waktu ke waktu makin meningkat sekaligus memprihatinkan. Terbukti, kini tak ada lagi kecamatan yang terbebas dari penyebaran penyakit ini. Dari 25 kecamatan yang ada, pernah diketemukan warga penderita.

“Untuk Wonogiri, saat ini HIV/AIDS sudah menyebar di seluruh kecamatan yang ada. Sudah tidak ada wilayah yang terbebas dari HIV/AIDS,” tegas dia, Selasa (8/5/2018).

Minimal satu penderita telah ada di setiap kecamatan, ujar dia. Dia menganggapnya sebagai sebuah hal yang memprihatinkan.

“Sangat memprihatinkan, apalagi melihat perkembangannya, selalu maningkat setiap tahun,” kata dia.

Dia menyampaikan data secara akumulatif sampai saat ini, kasus HIV/AIDS sampai saat ini tercatat ada 418 buah. Angka tersebut sudah termasuk temuan kasus baru tahun ini sebanyak 30 buah, pada 2017 tercatat 388 kasus. Dari total 418 kasus atau penderita, 125 diantaranya meninggal dunia.

Loading...

Menurut dia, selama ini, para penderita HIV/AIDS tak mengetahui dirinya telah terjangkit penyakit menular tersebut. Setelah memeriksakan diri di satuan kesehatan baru mengetahui positif terkena penyakit HIV/AIDS.

Perlu upaya berkesinambungan untuk menekan perkembangan virus itu. Salah satunya dengan giat melakukan sosialisasi kepada elemen masyarakat. Aris Arianto

Loading...