JOGLOSEMARNEWS.COM Piala Dunia 2018

Apa Saja yang Dibantu Teknologi VAR dalam Piala Dunia 2018? Berikut ini penjelasannya.

Suasana di ruang operator VAR. Foto: FIFA
Suasana di ruang operator VAR. Foto: FIFA

JOGLOSEMARNEWS-Pada ajang Piala Dunia 2018 ini, panitia menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Teknologi VAR ini untuk membantu pekerjaan wasit dan asistennya di lapangan dalam menetapkam keputusan wasit.

Lantas apa saja yang bisa dibantu VAR untuk keputusan wasit dalam sebuah pertandingan? Berikut ini yang bisa dibantu oleh VAR.

Garis gawang. Sistem dari VAR bisa digunakan untuk mengecek apakah bola telah melewati garis gawang atau belum. Teknologi ini akan menentukan pengesahan gol.

Penalti. Untuk penalti, wasit dapat meminta bantuan VAR untuk melihat apakah sebuah penalti memang harus diberikan atau tidak. Wasit akan menyaksikan tayangan ulang dari semua insiden di dalam kotak penalti.

Kartu merah. Jika wasit telah memutuskan terjadinya sebuah pelanggaran, maka VAR bisa dipakai untuk membantunya menentukan apakah pelanggaran itu layak dihadiahi kartu merah atau tidak. Ini mungkin masih menjadi hal paling kontroversial dalam teknologi VAR yang digunakan.

Kesalahan identitas. Salah satu hal yang menjadi tugas VAR adalah memastikan tidak ada pemain yang ‘salah’ di atas lapangan. Kemampuan ini dapat dimanfaatkan untuk misalnya wasit keliru memberikan kartu merah kepada pemain yang berbeda.

Teknologi VAR fokus pada wasit, bukan kepada penonton pertandingan. Dalam sejumlah situasi, wasit akan mendapatkan pesan lewat alat pendengaran atau earpiece yang dipakai mengenai sebuah keputusan yang sedang diulas VAR.

Kemudian ia akan mendapatkan pemberitahuan dari wasit VAR, apakah ia harus mengubah keputusannya atau tidak. Penonton tidak bisa melihat proses komunikasi ini terjadi.

Wasit di lapangan juga bisa mengajukan penggunaan VAR dengan cara wasit memberikan isyarat yang mengindikasikan sebuah TV dengan cara membentuk kotak dengan tangan. Lantas wasit VAR kemudian akan menghubunginya lewat earpiece.

Cara lain untuk menggunakan VAR adalah wasit bisa mendatangi sebuah ‘stasiun kecil’ yang menayangkan rekaman pertandingan di sisi lapangan. Wasit dapat melihat beberapa tayangan ulang pertandingan yang diinginkan untuk membantunya membuat keputusan.

Meski sudah digunakan, tak urung hal itu masih menimbulkan pro kontra. Mereka yang kurang sepakat dengan teknologi ini menyebut, penggunaan VAR mengganggu jalannya pertandingan dan tidak jadi natural. Penggunaan VAR juga bisa saja membuat sebuah pertandingan jadi lebih membingungkan.(marwantoro)