loading...
Pemandangan Gunung Merapi pasca erupsi. Foto/Antara

JOGJA – Kawah Gunung Merapi hingga kini masih mengeluarkan asap putih tipis cenderung mengarah ke barat.

Sementara terpantau oleh BPPTKG Yogyakarta sejak pukul 00.00 hingga pukul 12.00 WIB, belum ada aktivitas mencolok yang terjadi.

Sejak ditetapkan statusnya menjadi waspada (level II) pada tanggal 21 Mei 2018 lalu, kegiatan pendakian untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

Baca Juga :  Mobil Pikap Ini Merobohkan Tembok Rumah dan Tewaskan Pengendara Sepeda  Motor

Jarak yang direkomendasikan BPPTKG Yogyakarta untuk dikosongkan dari aktivitas penduduk masih di radius 3 kilometer.

Meskipun berstatus Waspada, Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida meminta masyarakat untuk tetap tenang dan selalu aktif memperbaharui informasi yang diberikan secara resmi oleh BPPTKG Yogyakarta terkait kondisi Gunung Merapi terkini.

Sementara itu, data aktivitas Gunung Merapi hari ini dengan periode pengamatan sejak pukul 00.00 hingga pukul 06.00 WIB, tercatat Gunung terlihat jelas.

Baca Juga :  8 Tahun Kasus Pencurian 87 Koleksi Museum Sonobudoyo Jogja Masih Misteri

Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dengan tinggi kolom antara 10 hingga 30 meter di atas puncak kawah.

Sedangkan jumlah guguran yang terjadi sebanyak 2 kali dengan amplitudo 2 mm berdurasi sekitar 40 detik.

Untuk jumlah hembusan tercacat sekali dengan amplitudo 3 mm berdurasi 8 detik dan tektonik lokal terjadi sekali dengan amplitudo 3 mm, berdurasi 62 detik. # Tribunnews


Loading...