JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ingin Mimpi Indah Saat Tidur Dapat Diingat? Ini Makanan yang Dapat Membantunya

pexels.com
pexels.com

Pernahkan Anda di saat bangun tidur merasa frustasi, karena tidak bisa mengingat mimpi indah atau menyenangkan yang Anda Alami? Mengingat mimpi memang terlihat hampir tidak mungkin, namun ada hal-hal tertentu yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan ingatan Anda, salah satunya dengan makanan. Dengan begitu Anda bisa mengingat mimpi Anda.

Penelitian ter baru dari University of Adelaide yang diterbitkan dalam jurnal Perceptual and Motor Skills menganalisis efek mengonsumsi suplemen vitamin B6 dosis tinggi pada 100 peserta dari seluruh Australia, seperti dilaporkan dari Independet UK. Setengah dari peserta penelitian mengonsumsi 240 miligram vitamin B6 (setara dengan 558 buah pisang) sebelum mereka tidur, selama lima malam berturut-turut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi B6 mengingat 64,1 persen lebih banyak konten mimpi, melaporkan kualitas tidur yang lebih baik dan secara signifikan lebih rendah kelelahan pada saat bangun tidur. Apakah hal tersebut sudah diakui secara luas, memang sampai saat ini masih banyak diperdebatkan. Tetapi ilmu pengetahuan mengatakan makanan-makanan berikut kemungkinan dapat membantu Anda mengingat mimpi Anda, atau lebih baik lagi, membuatnya lebih hidup.

Baca Juga :  Punya Penyakit Asam Urat, Hindari 12 Bahan Makanan Mengandung Purin Tinggi Ini. Ada Daging, Buah, hingga Sayuran

1. Keju
Keju tidak hanya penuh padat dengan dengan kandungan triptofan, tetapi juga telah di-’kambing hitam’-kan sebagai salah satu penyebab mimpi buruk dalam beberapa dekade, dilansir dari Elite Daily. Namun, tampaknya tidak ada kebenaran yang pasti di balik hubungan antara keju dan mimpi. Tetapi ada beberapa validitas terhadap anggapan bahwa keju membuat Anda tertidur lebih cepat, terkait dengan kandungan triptofan tersebut. Baca: Anak Orang Kaya Juga Bisa Kena Stunting, Ini Alasannya

2. Pisang
Pisang penuh dengan vitamin B6, yang berdasarkan penelitian di atas, memiliki kemungkinan membantu Anda untuk mengingat mimpi lebih jelas. Penulis studi yang merupakan dosen dari Fakultas Piskologi Universitas Adelaide, Denholm Aspy, menjelaskan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin B6 mampu meningkatkan kemampuan orang untuk mengingat mimpi. Vitamin B6 tidak mempengaruhi kejelasan atau warna dalam mimpi, serta tidak mempengaruhi aspek lain dari pola tidur mereka.

3. Alpukat
Alpukat adalah makanan lain yang memiliki kandungan B6 yang tinggi. Alpukat disarankan termasuk sebanyak 20 persen dari asupan vitamin setiap harinya. Terlebih, kombinasi roti panggang dengan alpukat mungkin menjadi makanan sebelum Anda tidur yang sempurna. Hal ini bukan hanya karena B6 dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat mimpi, tetapi juga karena karbohidrat dalam roti adalah makanan ringan utama untuk membuat Anda merasa kenyang sepanjang malam tanpa mengganggu pencernaan Anda. Baca: Kereta Kencana Ini Pilihan Pangeran Harry di Hari Pernikahannya

Baca Juga :  Waspadai Penyakit MIS-C pada Anak yang Terinfeksi Virus Corona: Gejala Muncul 3-4 Minggu setelah Kena Covid-19, Bisa Tanpa Demam, Batuk, dan Sesak

4. Salmon
Konsumsi satu porsi salmon secara teratur akan memberikan 30 persen dari kebutuhan harian B6 Anda. Menurut dokter pengobatan alami dan ahli gizi klinis, Axe, vitamin B6 dapat secara positif mempengaruhi produksi serotonin(salah satu sumber hormon ‘bahagia’) Anda dan menurunkan risiko peradangan pada sendi Anda. Terlebih lagi, vitamin B6 bahkan dikaitkan dengan pengobatan gangguan suasana hati.

Intinya, terlepas dari bagaimana pengaruh vitamin B6 akan mempengaruhi mimpi Anda, konsumsi vitamin ini secara rutin sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya untuk dikonsumsi setiap hari, bukan?

www.tempo.co