JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kemenhub Klaim Separuh Pemudik Sudah Kembali

Ilustrasi arus mudik
Ilustrasi/Tribunnews

JAKARTA – Ketua Harian Posko Nasional Kemenhub, Wahyu Aji mengatakan, sampai Kamis (21/6/2018), separuh pemudik sudah kembali dari kampung halamannya.

“Jadi yang sudah kembali persentasenya 48,34 persen,” ujar Ketua Posko di Posko Nasional Kemenhub, Wahyu Aji, di Jakarta Pusat, Kamis (21/6/2018).

“Yang separuh lagi saya kira tidak akan menumpuk di satu waktu yang sama, karena juga kan masih ada yang libur sekolah, terus juga masih ada yang izin cuti,” tambahnya.

Baca Juga :  Jadi Pengacara Bambang Trihatmodjo, Busyro Muqoddas Sebut Perkaranya Bukan Korupsi

Dengan begitu, lanjut dia, sangat kecil adanya lonjakan penumpang arus balik pada Lebaran tahun ini.

“Rata-rata itu sudah mempersiapkan untuk kembali, jadi mereka sudah beli tiket, baik itu penyeberangan, angkutan jalan kereta api, laut, udara,” tambahnya.

Diketahui, pada hari kelima Lebaran 2018, total penumpang yang sudah kembali dari kampung halaman, seperti tercatat di situs siasati.dephub.go.id, menyentuh angka 5.532.479 penumpang.

Baca Juga :  Silaturahmi KAMI di Surabaya yang Dihadiri Gatot Nurmantyo Dibubarkan Polisi

Angka tersebut terhitung sejak tanggal 17 Juni 2018, atau H+1 Lebaran hingga hari ini pada pukul 20.55 WIB. Adapun pada hari Kamis (22/6/2018) kedatangan penumpang sebanyak 536.340, dan angka tersebut terus bergerak secara real time.

www.tribunnews.com