loading...


Iluatrasi/ Tribunnews

SEMARANG – Ada lima kategori wisata di Jawa Tengah yang masuk pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

Anugerah ini merupakan agenda tahunan untuk membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporarpar) Jawa Tengah, Alamsyah, kepada Tribunjateng.com, Kamis (7/6/2018).

Kabid Pemasaran Disporarpar Prov. Jateng, Alamsyah, saat ditemui Tribunjateng.com, Kamis (7/6/2018)

“Ada 18 kategori dalam API, tahun ini Jawa Tengah lolos di lima kategori,” jelasnya.

Baca Juga :  Viral Pernikahan Kakek Berusia 84 Tahun dengan Wanita 48 Tahun di Semarang, Ternyata Sang Kakek adalah Bos PT Jamu Jago

Kategori tersebut sebagai berikut:
1. Festival Pariwisata Populer

Kategori ini diwakili oleu Dieng Culture Festival.
“Ini merupakan festival yang rutin pertahun diadakan setiap 3-5 Agustus,” jelas Kabid Pemasaran Disporarpar Provinsi Jateng, Alamsyah.

2. Objek Wisata Belanja

Nominasi ini diwakili oleh Pasar Batik Sentono Pekalongan. Lapak Para Pedagang di Pasar Grosir Batik Sentono Sepi Pengunjung, Minggu (3/6/2018).

3. Wisata Halal

Sejumlah peziarah khusyu’ berdoa di depan pusara Sunan Muria. Nominasi ini diwakili oleh Komplek Makam Sunan Muria Kudus.

Baca Juga :  Gudang Penimbunan 2 Ton Phonska Bersubdisi Digerebek Polisi. Wanita Pemiliknya Dibekuk, Pupuk Dijual Keluar Daerah

4. Wisata Kreatif Populer

Ada yang unik di desa Segrumung Meteseh Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Suasana tradisional tergambar di Pasar Karetan, yang berada di hutan karet.
Pada nominasi ini, destinasi wisata Jawa Tengah diwakili oleh Pasar Karetan di Kendal.

5. Wisata olahraga dan petualangan terpopuler

Pada nominasi ini destinasi wisata Jawa Tengah diwakili oleh Rumpit Bike Park di Banjarnegara.
“Potensi wisata Jawa Tengah di nominasi tersrbut perlu dukungan seluruh masyarakat Jateng dengan cara memvoting melalui SMS dan website,” tuturnya. # Tribunnews

Loading...