JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Mau Berhenti Merokok Tapi Kesulitan? Ini Beberapa Cara yang Perlu Dicoba

pexels.com
   
pexels.com

Di seluruh dunia, merokok menjadi suatu hal yang umum, bahkan juga dianggap juga sebagai sarana pergaulan. Di dalam dunia promosi, iklan produk rokok juga mendominasi dalam berbagai bentuk media.

Merokok menjadi kebiasaan yang sangat umum, dan menjadi hal yang sangat sulit dihentikan jika sudah ketagihan. Zat yang terdapat di dalam produk tembakau, dari aseton, tar, sampai nikotin dan karbon monoksida, tidak hanya mempengaruhi kesehatan paru-paru Anda, tapi juga seluruh tubuh.

Berikut ini cara untuk menghentikan kebiasaan merokok. Mengutip laman Norwoods, berikut ini lima langkah yang dilakukan untuk berhenti merokok.

1. Tetapkan tanggal berhenti merokok
Pilih tanggal dalam dua minggu ke depan, jadi Anda punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri tanpa kehilangan motivasi untuk berhenti. Jika Anda merokok di tempat kerja, berhentilah di akhir pekan, jadi Anda punya beberapa hari untuk menyesuaikan diri dengan perubahan itu.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

2. Beri tahu keluarga, teman, dan rekan kerja bahwa Anda berencana berhenti merokok
Biarkan teman dan keluarga Anda mengerti rencana Anda untuk berhenti merokok, serta katakan bahwa Anda memerlukan dukungan dan dorongan untuk berhenti. Carilah teman yang ingin berhenti merokok juga supaya bisa saling membantu melewati masa-masa sulit dalam berhenti merokok.

3. Antisipasi tantangan yang akan Anda hadapi saat berhenti merokok
Kebanyakan orang yang mulai merokok lagi melakukannya dalam tiga bulan pertama. Anda dapat membantu diri Anda sendiri melalui persiapan menghadapi tantangan bersama, seperti dorongan fisik ingin mengkonsumsi nikotin atau merokok.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

4. Singkirkan rokok dan produk tembakau lainnya dari rumah, mobil, atau kantor.
Buang semua rokok, korek api, asbak, atau benda lain yang berhubungan dengan tembakau. Cuci pakaian Anda dan bersihkan apa saja yang berbau rokok, seperti mobil dan perabotan lain.

5. Konsultasikan dengan dokter
Ketergantungan tembakau adalah suatu kondisi yang sering membutuhkan perawatan berulang. Dokter Anda dapat memberi resep obat untuk membantu berhenti merokok. Untuk itu, dibutuhkan juga banyak perawatan untuk berhenti merokok. Namun, jika Anda kesulitan menjalani pengobatan dengan dokter, Anda bisa pergi ke apotek untuk membeli beberapa pelega tenggorokan dan permen karet untuk membantu berhenti merokok.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com