loading...

Arus mudik

PURWAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, secara keseluruhan arus lalu lintas pada H-5 Lebaran berlangsung lancar karena kendaraan para pemudik masih bisa melaju meski terjadi kepadatan di beberapa titik.

“Tadi di Bekasi ada penyempitan karena ada pengerjaan proyek. Tapi (proyek itu) sudah diberhentikan sebelumnya oleh Pak Menteri PUPR. Namun tetap masih ada imbasnya. Selepas itu lancar. Masuk ke Cipali ada kepadatan lagi. Ternyata gara-gara banyak yang antre mau ke rest area,” ujar Tito saat memberi arahan di Posko Terpadu Cikopo, Purwakarta, Minggu (10/6/2018).

Tito mengatakan, pihaknya sudah memberi instruksi kepada bawahannya agar titik-titik yang rawan menjadi penyebab kepadatan ditambah personel untuk melakukan pengaturan. Terutama di Bekasi dan Tol Cipali.

Tito memprediksi, akan ada lonjakan signifikan volume kendaraan di jalur mudik.

Hal ini terutama akan berlangsung mulai dari GT Cikarang Utama dan Tol Cipali terjadi pada Minggu siang hingga Senin (11/6/2018) malam.

“Maka dari itu perlu disiagakan semuanya. Terutama di jam-jam siang ini sampai besok malam. Arus puncak harusnya kemarin di sini, kalau sekarang sudah masuk Jawa Tengah. Tanggal 13 dan 14 Juni akan lengang, karena terforsir dua hari ini,” kata dia.

Loading...

Tito menambahkan, kesiapan aparat gabungan bekerja sama dengan berbagai stakeholder sudah disiapkan matang jauh-jauh hari. Karena itu, kejadian Brexit dua tahun lalu dipastikan tidak akan terulang.

“Posko kesehatan siap, BBM disiapkan, personel siap. Semuanya sudah sangat siap. Saya kira pelaksaan mudik tahun ini sangat baik.

Mulai dari infrastrukturnya juga sangat bagus. Artinya infrastruktur yang dibangun Bapak Presiden dengan Pak Menteri PUPR membantu sekali pelaksanaan arus mudik ini,” katanya.

www.tribunnews.com

Loading...