JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

313 Calhaj Wonogiri Diminta Waspada Cuaca Ekstrim

Calhaj Wonogiri berpamitan dengan Forkopimda
Calhaj Wonogiri berpamitan dengan Forkopimda

WONOGIRI–Sejumlah 313 Jamaah Calon Haji (Calhaj) Wonogiri tahun 2018 berpamitan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (25/7). Mereka mengikuti upacara seremoni pelepasan calhaj yang dihadiri Bupati, Wakil Bupati, dan jajaran Forkopimda.

Sekretaris Daerah, Suharno, selaku ketua panitia pemberangatan dan pemulangan haji Wonogiri menjelaskan jamaah calhaj sejumlah 313 dibagi menjadi dua kloter. Wonogiri masuk dalam Kloter 41 dan 42. Kloter 41 sejumlah 19 jamaah akan berangkat Sabtu (28/7/2018) pukul 13.30 WIB. Sedangkan kloter 42 berangkat Minggu (29/7/2018) pukul 03.00 WIB dini hari dengan jumlah 294 jamaah.

Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa, menegaskan, penting sekali jika segenap jamaah Calhaj dari Kabupaten Wonogiri mengikuti petunjuk dan bimbingan yang disampaikan oleh para pendamping dan tim kesehatan. Mengingat ibadah haji dilaksanakan untuk memenuhi kesempurnaan rukun Islam.

Baca Juga :  Rapid Test Wartawan Wonogiri, Dari Belasan Jurnalis yang Ikut Tak Ada Satupun yang Reaktif, Tes Selanjutnya Giliran Tenaga Medis Lagi

“Jadi akan menjadi lebih sempurna ketika dalam pelaksanaannya dapat berjalan lancar tanpa gangguan apapun,” sebut dia.

Perjalanan ibadah haji tahun ini, menurut dia, dihadapkan tantangan sangat berat, yaitu bersamaan dengan musim panas yang luar biasa. Dimana suhu di tanah suci diperkirakan pada kisaran 41-43 derajat Celcius. Kondisi ekstrem yang sangat berbeda dengan iklim yang ada di tanah air, tentunya akan menjadi ujian secara fisik bagi jamaah calon haji.

“Butuh waktu tahunan untuk dapat berangkat ke tanah suci, butuh antrian yang sangat panjang untuk dapat bersujud ke haribaan Allah SWT dan melaksanakan rukun haji di Masjidil Haram, wukuf di Padang Arafah, juga melempar Jumroh di Mina. Untuk itu, kepada segenap jamaah calon haji Kabupaten Wonogiri, sekali lagi saya ingatkan agar dapat melakukan persiapan yang terbaik, untuk dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan khusyuk,” terang dia.

Baca Juga :  Kisah Inspiratif Pelda Widodo Babinsa di Tirtomoyo Wonogiri yang Sukses Berbisnis Bebek Petelur, Jadi Bekal Masuki Masa Pensiun, 2 Anaknya Ikuti Jejak Jadi Anggota TNI

Wabup juga mengingatkan Calhaj dari Wonogiri untuk tetap menjaga kesopanan dan adab yang baik sebagaimana budaya bangsa Indonesia yang dikenal santun.

Tercatat Calhaj tertua dari Wonogiri berusia 83 tahun atas nama Sutimin Tomo Wiyono dan calhaj temuda berusia 22 tahun atas nama Ihsan Nur Hidayat Sutarso. Aris Arianto