JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Harga Sapi dan Kambing di Wonogiri Meroket, Ternyata Ini Penyebabnya

Petugas menyuntik sapi di sebuah peternakan di Wonogiri
Petugas menyuntik sapi di sebuah peternakan di Wonogiri

WONOGIRI-Saat ini harga hewan ternak khususnya sapi dan kambing di Wonogiri mengalami kenaikan. Kenaikan terjadi lantaran harga bibit di tingkat peternak juga meningkat.

Informasi yang dihimpun dari Pasar Hewan Pracimantoro, Sabtu (14/7/2018), harga sapi naik Rp 1 juta. Sedangkan harga kambing naik Rp 400 ribu perekor.

“Di tingkat petani atau peternak sudah terjadi kenaikan harga utamanya pada harga bibit. Masih akan ada kenaikan menjelang Idul Adha atau kurban nanti” jelas salah satu pedagang hewan, Saridi.

Baca Juga :  Dapat Durian Runtuh, Widiastuti Nugroho Bawa Pulang Motor Yamaha NMax Gres Dari Semarak Undian Tabungan Berhadiah PT BPR Bank Giri Suka Dana Wonogiri

Menurut dia, sapi kurban harga di pasaran saat ini sekitar Rp 16 jutaan. Sementara untuk kambing sekitar Rp 2 juta sudah layak kurban.

Peternak sapi Kristo Agung, warga Kelurahan Waleng, Kecamatan Girimarto mengatakan tidak melakukan persiapan secara khusus untuk puluhan sapinya.

Baca Juga :  Pembagian Seragam Gratis SD dan SMP di Wonogiri Diwarnai Pungutan Ratusan Ribu Rupiah, Bupati Bakal Cek Kebenarannya di Lapangan

Menurut dia, harga untuk sapi kurban naik menjadi Rp 46.000 hingga Rp 50.000 perkilogramnya. Sedangkan harga normal Rp 44.000 perkilogram atau setiap satu ekor mengalami kenaikan Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.

Kenaikan itu karena pengaruh dari harga bibit sapi yang mengalami kenaikan harga hingga Rp7.000 perkilonya. Aris Arianto