JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kesadaran Warga Wonogiri Soal Pemanfaatan Sampah Masih Perlu Ditingkatkan

Tumpukan sampah di Wonogiri
   
Tumpukan sampah di Wonogiri

WONOGIRI-Tata kelola termasuk pemanfaatan sampah, ternyata belum banyak direspon masyarakat Wonogiri. Masih banyak ditemui warga yang membuang sampah sembarangan.

Padahal dari sampah itu, sebenarnya ada nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Pengurus Bina Keluarga Lansia (BKL) Mentari Wonoboyo, Sri Wahyuni mengatakan, potensi sampah di Wonogiri sebenarnya sangat melimpah. Namun belum dimanfaatkan secara baik.

“Masih banyak ditemui warga yang membuang sampah secara sembarangan. Hal ini menandakan kesadaran tentang pengelolaan sampah beserta pemanfaatannya masih perlu ditingkatkan lagi,” kata dia, Selasa (31/7/2018).

Baca Juga :  Persempit Ruang Gerak Aksi Tawuran hingga Balap Liar selama Ramadhan 2024 ini yang Dilakukan Aparat

Upaya peningkatan tersebut, sebenarnya, menurut dua, sudah cukup lama digiatkan berbagai kalangan. Seperti pegiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pemerintah, maupun dunia usaha. Namun, yang terpenting dalam hal ini adalah menumbuhkan kesadaran dari dalam diri setiap anggota masyarakat.

“Mengelola sampah serta memanfaatkannya itu sebenarnya sangat mudah, dan murah. Bahkan bisa tanpa biaya. Misalnya, diolah untuk dijadikan kompos, atau kalau yang kami lakukan adalah membuat trashion atau beragam perlengkapan seperti tas, dompet, dan sebagainya dari daur ulang sampah,” tandas dia.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Senada, pembina BKL Mentari Edy Triyono mengakui, masih butuh peningkatan kesadaran masyarakat dalam memandang sampah. Edy menyebut, selama ini sampah hanya dipandang sebagai barang buangan dan sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi. Pandangan seperti inilah yang menurutnya harus dirubah.

“Memang sudah muncul beberapa elemen masyarakat yang mengelola sampah secara baik. Tapi di balik itu, tindakan membuang sampah di sembarang tempat juga masih banyak dilakukan,” terang dja. Aris Arianto 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com