Beranda Edukasi Akademia KKN UNS, 3.070  Mahasiswa Disebar ke 16 Provinsi

KKN UNS, 3.070  Mahasiswa Disebar ke 16 Provinsi

103
BAGIKAN
Humas UNS

SOLO– Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Unit Pengelola KKN Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat memberangkatkan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode IX, Selasa (10/7/2018). KKN periode IX kali ini tersebar di 17 Kabupaten di Jawa Tengah,   6 Kabupaten di Jawa Timur, 2 Kabupaten di DIY,  3 kabupaten di Jawa Barat dan 25 Kabupaten di Luar Pulau Jawa.

Sedangkan jumlah total lokasi yang digunakan dalam pelaksanaan KKN periode IX mencakup 301 Desa, 84 Kecamatan, 55 Kabupaten dan 16 Provinsi baik di Jawa maupun Luar Jawa. Pada periode ini, UNS memberangkatkan 3.070 mahasiswa dan 151 Dosen Pembimbing Lapangan.  Jumlah mahasiswa yang KKN di Pulau Jawa sebanyak 2559 mahasiswa yang tersebar di 28 Kabupaten, 55 Kecamatan dan 271 desa, sedangkan 511 mahasiswa melaksanakan KKN di Luar Jawa yang tersebar di 25 Kabupaten, 28 Kecamatan dan 33 Desa.

Menurut Ketua LPPM UNS, Sulistyo Saputro, KKN UNS di Jateng berbasis kemitraan meliputi 10 kabupaten yakni Semarang, Wonosobo, Temanggung, Cilacap, Pemalang, Pangandaran, Klaten, Jepara, Banyumas dan Karanganyar.  KKN Berbasis kemitraan ini adalah KKN dengan tema yang berasal dari penelitian Dosen, lokasi diluar reguler dan kerjasama dengan pemerintah daerah serta pembiayaan dari program Dikti maupun kompetisi PNBP UNS.

“Sedangkan untuk KKN berbasis lokasi di Provinsi Jawa Tengah pada periode ini meliputi 8 Kabupaten yakni Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, Pati dan Grobogan. Kemudian di Jawa Timur KKN Kemitraan sebanyak 3 Kabupaten secara reguler yakni Pacitan, Magetan dan Ngawi, mencakup 50 Desa, dan KKN kemitraan sebanyak 3 Kabupaten yakni Banyuwangi, Malang dan Gresik, mencakup 13 Desa,” paparnya.

Baca Juga :  UNS dan BPJPH  Kerjasama Dalam Membina Masyarakat untuk Memahami dan Mengimplementasikan Produk Halal

Sementara itu, KKN di Jawa Barat berbasis kemitraan meliputi 3 Kabupaten yakni Bandung, Pangandaran dan Subang. Serta penempatan KKN di Luar Pulau Jawa sejumlah 513 orang yang tersebar di 11 Provinsi, yakni meliputi Bangka Belitung, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Papua, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Jambi  dan Bali.

“Pada periode ini UNS menerima kontingen dari Universitas Khairun Ternate sebanyak 5 mahasiswa. Disamping itu UNS juga ikut dalam kontingen KKN Kebangsaan ke Provinsi Lampung sebanyak 7 mahasiswa. UNS juga mengirimkan KKN ke lahan gambut kerjasama dengan Badan Reservasi Gambut Nasional sebanyak 3 Mahasiswa yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 April  15 Mei 2018 di Kepulauan Riau,” tukas Sulistyo. Triawati PP