Beranda Umum Opini Perusahaan Ekspedisi Kini Jadi “Soulmate” Pebisnis Online

Perusahaan Ekspedisi Kini Jadi “Soulmate” Pebisnis Online

55
BAGIKAN
Renny Silviana Fajrin, SE Mahasiswa Magister Manajemen UNS dan pelaku bisnis online

Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari karena kemudahan dalam penggunaan serta manfaat yang diberikannya. Kemudahan serta manfaat yang dirasakan karena internet mengakibatkan pengguna internet terus mengalami peningkatan. Di Indonesia, pengguna internet  meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini didukung survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet aktif di Indonesia per tahun 2017 mencapai 143,26 juta orang dari total populasi Indonesia 262 juta penduduk. Angka tersebut naik sebesar 8% sejak tahun 2016.

Semakin banyaknya pengguna internet dimanfaatkan pelaku bisnis untuk memasarkan produknya melalui sosial media dan e-commerce.. Sosial media dan e-commerce menjadi tempat di mana produk atau jasa diproduksi, disajikan, didistribusikan, dijual, dibeli, dan dibayar melalui domain elektronik. Dengan adanya sosial media dan e-commerce, konsumen dapat menghemat waktu dalam upaya nya mendapat produk yang diinginkan.

Penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung, pembeli hanya perlu mentransfer uang sesuai harga barang serta biaya pengiriman lalu pengiriman barang bisa melalui pihak ketiga yaitu perusahaan jasa pengiriman barang. Karena tidak memungkinkan pembeli harus mengirim produk satu per-satu padahal konsumen mereka tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan tidak sedikit yang berada di luar negeri juga.

Sehingga perlu adanya mitra yang dapat  mengirimkan barangnya secara aman dan tepat waktu. Maraknya perdagangan online ini menjadikan pengiriman barang bukanlah hal yang sulit lagi. Kini, jasa ekspedisi menjadi soulmate para pebisnis online. Makin banyak perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang. Masing-masing perusahaan jasa pengiriman memiliki kelebihan yang belum tentu perusahaan lainnya punya. Ada yang mengunggulkan pada tarif yang murah. Ada yang menawarkan pelayanan terbaik,  dan ada juga yang menawarkan beberapa pilihan paket serta jaminan asuransi paket.

Jasa pengiriman atau ekpedisi yang popular dan yang paling banyak digunakan menurut survei di kaskus.co.id adalah JNE dan J&T ekspress. Kita bahas dari yang terpopuler karena berdiri sudah cukup lama yaitu JNE. Perusahaan JNE  menjadi jasa pengiriman yang lebih dulu popular dibanding J&T Express. JNE sudah ada sejak tahun 1990 namun saat itu masih menjadi satu dengan Tiki dengan nama TiKi JNE. Karena persaingan pasar domestik dilihat cukup menjanjikan, JNE lebih memusatkan memperluas jaringan domestik. JNE mendapat keuntungan di jalur ini dan kemudian memperluas pelayanannya dengan logistik serta distribusi. Selama bertahun-tahun TiKi dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah masing-masing dan menjadi saingan.

Akhirnya JNE menjadi perusahaan dengan manajemen sendiri dan membuat logo sendiri yang membedakannya dari TiKi. JNE menyediakan tiga pilihan paket pengiriman yaitu oke, reg dan yes. Perbedaan pilihan paket didasarkan perbedaan waktu sampainya barang kepada penerima paket yang menjadikan nya perbedaan tarif juga. JNE melalui paket YES (yakin esok sampai) menawarkan one day service dimana paket dijanjikan sampai dalam waktu sehari.

Baca Juga :  Tantangan Perbankan di Era Kekinian

Hal ini sangat memudahkan pebisnis online yang memang diminta oleh customer nya agar barang sampai dengan kilat. Terlebih lagi apabila produk yg dijual berupa makanan yang cepat basi.  Namun sayangnya, terkadang saat JNE sedang overload pengiriman, kedatangan paket tidak sesuai dengan estimasi yang dijanjikan. Hal ini menimbulkan kekecewaan pada customer yang sudah membayar untuk paket yang lebih mahal dengan harapan bisa lebih cepat.

Tidak seperti dengan rivalnya, J&T express baru ada sejak September 2015. Kehadiran j&t express menambah semarak dunia jasa pengiriman barang. Berbeda dengan JNE yang menawarkan beberpa pilihan paket pengiriman, J&T express hanya menawarkan satu paket pengiriman reguler. Walaupun hanya mengirimkan satu paket saja, menurut pengalaman dan kebanyakan orang berpendapat J&T dirasa lebih cepat sampai pengirimannya. Ini bisa terjadi karena beberapa faktor.

Mungkin karena pelanggan J&T belum sebanyak pelanggan JNE yang memang sudah lama berdiri. Atau juga karena J&T melakukan pengiriman dua kali sehari. Yaitu pada jam 8 pagi dan jam 8 malam berbeda dengan JNE yang hanya melakukan pengiriman barang pada jam 2 siang.Yang disayangkan dari penawaran satu paket ini, tidak ada paket one day service sehingga apabila ada pengiriman paket yg terburu-buru ingin barang cepat sampai dalam kurung waktu sehari. Tidak direkomendasikan menggunakan J&T. Untuk pelayanan atau service nya, J&T lebih dirasa responsif dengan pelanggan. J&T menawarkan jasa ambil paket dirumah pelanggan nya walaupun hanya satu paket saja tanpa biaya tambahan.

Hal itu sangat membantu para pebisnis online karena meringankan beban dan menghemat waktu karena tidak perlu repot mengantar ke counter langsung. Dan memang, setiap pelanggan langsung ditawarkan pengambilan paket ke rumah ini. Hal ini belum dilakukan oleh JNE, Kalaupun ada pengambilan paket, biasanya kita yang harus aktif bertanya pada pihak JNE langsung terkait dengan bisa tidaknya pengambilan paket kerumah.

Maraknya pebisnis online saat ini serta pentingnya pengiriman bagi pebisnis online dirasa menjadi peluang emas bagi jasa ekskpedisi atau jasa pengiriman barang. Sebaiknya, pengeloaan manajemen jasa ekspedisi harus terus diperbaiki dan dikembangkan. Perusahaan harus melihat peluang yang ada di pasar, mengembangkan perusahaannya agar bisa bersaing. Perusahaan Jasa pengiriman sealu menggandeng para pebisnis online karena saat ini merekalah sumber terbesar bisa melalui promo menarik, diskon atau kartu member.   *****