loading...


Wakil Walikota Surakarta Achmad Poernomo, memotong tumpeng sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Taman Sriwedari Selasa(10/7/2018). Syahirul

SOLO-Syukuran sederhana digelar oleh Panitia Pembangunan Masjid Taman Sriwedari Surakarta (MTSS) di kompleks lokasi calon ikon baru Kota Solo tersebut, Selasa (10/7/2018).

Ritual potong tumpeng menandai segera dimulainya pembangunan. Wakil Walikota Solo yang juga Ketua umum pembangunan MTSS, Achmad Poernomo didampingi sejumlah panitia, perwakilan Pemkot Surakarta dan perwakilan PT Wijaya Karya (Wika) hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya Poernomo menyatakan, pembangunan MTSS mendapat dukunhan dari masyarakat.

“Dari Purwosari sampai Gladag tidak ada masjidnya. Dan ternyata masjid tidak menyalahi Sriwedari sebagai cagar budaya, maka kita bangun masjid yang akan menempati tanah seluas 17.800 meter persegi, namun masjidnya tidak besar. Yang 12.000 meter persegi adalah taman,” ujar dia.

Baca Juga :  Uniba dan Asosiasi Asuransi Gelar Kuliah Umum Manajemen Resiko

Panitia, lanjut Poernomi, terdiri dari unsur pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat. “Bentuk masjid tradisional, nuansanya kajawen, arahnya Kudus-Lasem,” kata dia.
“Ini setelah sebelumnya dilakukan studi ke Demak, Lasem hingga Pekanbaru,” sambungnya.

Menurut Piernomo, masjid tidak akan terlalu besar tapi bagus. “Masjid ini akan menggunakan material terbaik. Nantinya semoga menjadi kebanggaan anak kita, pemersatu, dan destinasi wisata karena antiknya masjid yg kita bangun.”

Baca Juga :  Serahkan Iwan Tersangka Tabrak Maut Manahan, Kapolresta Yakin Profesional, Pengacara Siap Bukti

Kepada masyarakat yang karena pembangunan masjid ini harus pindah atau ganti profesi, Poernomo mengucapkan terima kasih. “Dengan penataan kawasan Sriwedari secara keseluruhan semoga ke depannya semakin baik.”

Sementara itu Yudhi Sirojuddin mewakili PT Wika menyatakan siap melaksanakan pembangunan. “Kami mohon doa dari para sesepuh dan masyarakat Kota Solo agar pembangunan berjalan lancar, ” katanya.

Adapun sebelumnya pada 28 Juni lalu telah dilakukan penandatanganan kontrak antara Panitia Pembamgunan MTSS dengqn PT Wika. Syahirul

Loading...