JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Terungkap, Rahasia di Balik Fenomena KB Pria di Karanganyar Hingga Juara Jawa Tengah. Ternyata Setiap Pria Diiming-Imingi Ini…  

Ilustrasi vasektomi
madu borneo
madu borneo
madu borneo

Ilustrasi vasektomi

KARANGANYAR-  Tingkat kepesertaan Keluarga Berencana (KB) di Karanganyar, hingga saat ini cukup tinggi. Akseptor terbanyak berada di kecaatan Jenawi. Untuk itu, Pemkab Karanaganyar, menetapkan Kecamatan Jenawi sebagai salah satu kampung KB.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Karanganyar, Any Indrihastuti, mengatakan dipilihnya Desa Balong menjadi Kampung KB karena peserta akseptor KB terbanyak.

“Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan Metode Opreasi Pria (MOP) se Kabupaten Karanganyar terbanyak di wilayah Jenawi. Kami juara satu se-Jawa Tengah KB MOP,” kata Any Indrihastuti,Jumat (20/07/2018).

Baca Juga :  5 Tahun Tak Dinaiki, Sebuah Mobil BMW Mulus Warga Wonogiri Mendadak Langsung Terbakar Hebat Saat Dibawa Ke Bengkel Karanganyar

Data pelaksanaan KB MOP di Kabupaten Karanganyar, menurutnya, sebanyak 266 di tahun, 2016. Jumlah itu menurun dibandingkan di tahun 2017 sebanyak 186 orang.

Any juga optimis, capaian KB MOP sampai akhir tahun ini bisa mencapai 200 orang. Pemkab Karanganyar juga menyiapkan bantuan dana Rp 1,5 juta untuk setiap akseptor.

“Syarat ikut MOP yakni anak minimal dua, umur anak terakhir minimal tiga tahun dan ber KTP Karanganyar,” katanya.

Kabupaten Karanganyar sampai saat ini telah memiliki 29 Kampung KB. Jumlah itu melebihi target dari Pemerintah Pusat, yakni satu kecamatan satu Kampung KB. Namun di Kabupaten Karanganyar, terdapat satu Kecamatan memiliki satu atau dua Kampung KB.

Baca Juga :  Pelaku UKM Karanganyar Yang Bangkrut dan Butuh Modal, Ini Sederet Peluang Bantuan Pemerintah Yang Bisa Didaftar. Dibuka Mulai 22 Oktober! 

Komitmen yang tinggi terhadap kepesertaan KB di Karanganyar, membuahkan sejumlah penghargaan. Salah satunya penghargaan anugerah tanda kehormtan Satyalancana Pembangunan kepada bupati Karanganyar.

“Penghargaan ini diberikan karena Karanganyar dinilai berhasil  dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakatmenuju keluarga yang sejahtera. Program KKB menuju dengan pembentukan kampong KB, mampu menegendalikan laju pertumbuhan penduduk di Karanaganyar,” pungkasnya. Wardoyo