JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Didanai Rp 16 T, Jalan Tol Ratusan Kilometer  Ini Bakal Kelar 3 Tahun

   
Tempo.co

JAKARTA – Jalan tol Trans Sumatera di ruas Bakauheni – Terbanggi Besar bakal menciptakan rekor baru sebagai jalan tol dengan pembangunan paling singkat. Ruas tol yang menghabiskan investasi Rp 16 triliun ini ditargetkan beroperasi pada November 2018.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri BUMN, Rini M. Soemarno, yang  mengatakan pembangunan ruas tol tersebut hanya menghabiskan waktu tiga tahun sejak groundbreaking dimulai pada 2015. Masa pembangunan tol sepanjang 140 kilometer mencakup mulai dari pembebasan lahan hingga penyelesaian konstruksi.

“Ini bisa menjadi yang tercepat dengan jarak 140 kilometer dikerjakan hanya tiga tahun. Ini juga menjadi milestone bagi BUMN karya kita,” ujarnya saat meninjau tol Bakauheni di Lampung, Rabu (8/8/2018).

Baca Juga :  Denny Indrayana Tak Yakin Hakim MK Mau Berkorban dan Jadi Pahlawan demi Selamatkan Demokrasi, Seperti Ini Prediksinya

Rini mengungkapkan, inovasi dalam pembebasan lahan dan sinergi antar badan usaha menjadi kunci pembangunan jalan tol yang terbilang cepat. Dia menggambarkan, penetapan lokasi (penlok) ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar tidak dilakukan tunggal, tetapi dibagi menjadi 20 penlok (penetapan lokasi).

Sebelumnya, tahapan pembangunan jalan tol harus melewati tahap penetapan lokasi sepanjang trase yang akan dibangun. Menurut Rini, pola semacam ini membuat pembangunan tol memakan waktu yang lama.

Baca Juga :  Anggap Sebagai Pihak Berperkara, Otto Hasibuan: Megawati Tidak Tepat Sebagai Amicus Curiae

Dengan pola baru, kontraktor mengerjakan setiap trase yang lahannya sudah dibebaskan. Pola pembangunan paralel antara konstruksi dengan pembebasan lahan menurut Rini terbukti membuat pembangunan tol lebih cepat.

Saat ini, progres pembangunan jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar sudah mencapai 98% dalam aspek pembebasan lahan. Proses pembebasan lahan seluruhnya diharapkan tuntas pada September 2018.

Di sisi lain, progres konstruksi dikebut dengan menyelesaikan sejumlah jembatan di sepanjang jalur tol. Rini berharap pada November 2018 jalan tol pertama di Lampung itu resmi beroperasi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com