loading...
Pemukulan gong tanda dibukanya Sukoharjo Expo 2018

SUKOHARJO–Gelar potensi daerah Sukoharjo Expo 2018 dan panggung Hiburan Pesta Rakyat dalam rangka peringatan Hari Lahir ke-72 Kabupaten Sukoharjo dan HUT RI ke-73, resmi dibuka, Selasa (21/8/2018).

Sukoharjo Expo 2018 dipusatkan di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GPPPD) Graha Wijaya Sukoharjo. Sedikitnya ada 125 stan yang berpartisipasi dalam gelar potensi. Selain dari lokal Sukoharjo, gelar potensi juga diikuti peserta dari eks Karesidenan Surakarta dan beberapa daerah di Jawa Tengah.

Menurut Bupati, gelar potensi daerah Sukoharjo Expo 2018 adalah salah satu sarana yang tepat dan strategis untuk mempromosikan produk unggulan daerah, produk UMKM dan sekaligus untuk membudayakan bagaimana mencintai produk lokal yang berkualitas.

“Kami berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti pada saat gelar potensi daerah ini. Tetapi justru terus berlanjut memberikan dampak positif bagi pengembangan produk UMKM sehingga dapat memberikan kontribusi bagi kemandirian ekonomi dan kesejahteraan rakyat,” jelas Bupati.

Baca Juga :  Jumlah Pasien Positif Covid-19 Meroket, Rumah Dinas Wakapolres Dijadikan Ruang Isolasi Pasien Positif. Ada Tiga Pasien Perempuan Positif dan Dirawat, Semua Dalam Kondisi Begini!

Dalam kesempatan ini diserahkan hadiah lomba dari Program KUR kepada debitur KUR UKM Kabupaten Sukoharjo Tahun 2018. Penyerahan hadiah diberikan kepada Kartu E retribusi kepada perwakilan pedagang pasar jamu nguter dan pasar grogol sebagai tanda launching dilaksanakan E- retribusi pasar, kedua tropy dan uang pembinaan sebesar lima juta lomba kompetisi pasar rakyat juara III Provinsi Jawa Tengah kepada ketua HPP dan lurah pasar Jami Nguter. Ketiga Tropy piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar tiga juta kepada KSPPS BMT Fadhilah Sentosa Sukoharjo sebagai juara II lomba Bussines Plant dalam rangka Jateng Smesco Expo 2018 serta penyerahan program KUR kepada 8 UMKM yang difasilitasi Bank Jateng, BRI, BNI dan Bank Mandiri senilai Rp. 780.000.000.

Baca Juga :  Status KLB di Sukoharjo Diperpanjang Hingga Akhir Juli 2020, Gegara Kasus Positif COVID-19 Tertinggi Ketiga di Jateng

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Sukoharjo Sutarmo,  menuturkan selama kegiatan selain diisi pameran produk unggulan, juga disemarakkan dengan produk jajanan dan aneka kuliner. Selain itu, selama gelar potensi juga digelar Panggung Hiburan. Kegiatan gelar potensi sendiri dalam rangka Hari Lahir Sukoharjo ke-72 dan HUT Kemerdekaan RI ke-73.

“Gelar potensi sebagai wahana produsen dan pelaku UMKM untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan memasarkan produk unggulan masyarakat Sukoharjo, Surakarta dan juga Jawa Tengah,” terang dia. Aris Arianto