loading...

SOLO– Universitas Sebelas Maret (UNS) Sirakarta menjadikan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai spirit dalam mengembangkan kelembagaan dari Riset University menjadi Enterpreneur University. Demikian disampaikan Wakil Rektor bidang IV UNS Solo , Prof. Dr. Widodo Muktiyo terkait kedatangan Rektor ITB Prof. Dr. Ir Kadarsah Suryadi di UNS, Selasa (31/7/2018) lalu atas undangan Badan Pengelola Usaha (BPU) UNS.

Menurut Prof Widodo, ITB sebagai best Practise  telah sangat maju, maka dengan menjadikannya sebagai model mulai kajian akademik hingga komersialisasi, nantinya UNS tidak  menjadi Menara Gading tetapi menjadi Universitas yang memiliki kepedulian sosial.

Baca Juga :  Lepas Mahasiswa KKN Covid-19 UNS, Ganjar: UNS Tidak Ada Matinya

“Karena hasil penelitiannya sangat bermanfaat bagi masyarakat. UNS merupakan satu-satunya Universitas di Indonesia yang memproduksi Lithium hasil penelitian pakar UNS. Sehingga ke depan, lahir produsen-produsen batere lithium. Kita akan lari cepat supaya secara kelembagaan menjadi model batere lithium menjadi model pengembangan  hilirisasi ke depan,” terangnya, Minggu (5/8/2018).

Baca Juga :  Selamat! UMS Jadi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia 2020 Versi Uni-Rank

Prof Widodo menambahkan, selain baterei lithium, hilirisasi karya akademik  UNS Surakarta juga telah dilakukan untuk pewarna alami.

“Kami terus mendorong para Peneliti di lingkungan UNS  agar penelitiannya  tidak hanya berorientasi publikasi tetapi hingga menjadi prototipe produk yang menarik dan berguna, untuk mendongkrak hilirisasi dan komersialisasi, apalagi UNS didorong Kemenristekdikti untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum PTNBH,” tegasnya. Triawati PP