JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jokowi Pilih Ketua MUI, Maruf Amin Sebagai Cawapresnya, ini Alasannya

tempo.co
   
tempo.co

JAKARTA – Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama calon wakil presiden yang akan mendampinginya maju dalam Pilplres 2019. Dia adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin.

“Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi yaitu Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil presiden 2019-2024 adalah Profesor Doktor Kiai Haji Maruf Amin,” kata Jokowi di restauran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, (9/8/2018).

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

Jokowi menjelaskan keputusan itu diambil setelayh melalui perenungan serta mempertimbangkan masukan dan saran berbagai elemen masyarakat, seperti para ulama, ketua umum partai, pengurus partai, dan relawannya.

Jokowi pun menjelaskan alasannya memilih Maruf sebagai pendampingnya di pilpres 2019. “Mungkin ada beberapa pertanyaan dari masyarakat luas di seluruh tanah air mengapa Kiai Maruf Amin yang dipilih. Profesor Doktor Kiai Haji Maruf Amin lahir di Tangerang, 11 Maret 1943 adalah sosok agama bijaksana,” kata dia.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

Jokowi juga menilai Maruf sebagai figur berpengalaman. “Beliau pernah duduk di legislatif sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI, Wantimpres, Rais Aam PBNU dan Ketua MUI. Dalam kaitan dengan kebhinekaan, Profesor Doktor Kiai Haji Maruf Amin juga menjabat sebagai dewan pengarah BPIP,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com