JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kembangkan Desa Wisata Pemkab Wonogiri Gandeng UGM

Waduk Candi Muncar, Girimarto Wonogiri.
   
Waduk Candi Muncar, Girimarto Wonogiri.

WONOGIRI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggandeng sivitas akademika Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogjakarta. Kerjasama tersebut fokus pada pengembangan kawasan desa wisata.

Salah satunya adalah pengembangan wisata Waduk Muncar di Kecamatan Girimarto.

”Kami melibatkan tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gajah Mada (UGM). Harapannya, mereka mampu menyumbang gagasan dan program yang berkesinambungan,” ungkap Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Kamis (23/8/2018).

Menurut Bupati, desa kawasan wisata di Kecamatan Girimarto merupakan gabungan sejumlah desa. Terdiri atas Desa Waleng, Semagar, Bubakan, Selorejo, dan Girimarto.

Baca Juga :  Baru Pertama Ikut Lomba Sudah Sabet Juara, Kerennya Kelewatan ini

“Program ini tujuannya adalah untuk mengoptimalkan potensi yang ada di desa,” kata dia.

Sementara itu, Camat Girimarto, Suparmo menambahkan, kerja sama lima desa itu dirintis sejak 2013 lalu. Mereka kemudian membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama untuk mengelola aset-aset potensial di lima desa. Adapun potensi wisata di desa kawasan itu berupa air terjun, waduk, dan panorama alam yang masih asri. Antara lain wisata alam Karangtalun di Dusun Ciman, Desa Semagar dan Waduk Candi Muncar, Desa Bubakan.

Baca Juga :  Bus Maut Trans Putera Fajar Plat Wonogiri Ternyata Telat Uji KIR, Terlibat Kecelakaan Ciater Tewaskan 11 Orang

Tak hanya potensi wisata, kelima desa itu juga menyimpan potensi hortikultura dan peternakan. Pada 2016 lalu, mereka menerima bantuan dari Kemendesa PDTT berupa 170 ekor sapi. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com