Beranda Panggung Lifestyle Lima Hal Ini Yang Bisa Membut Wawancara Kerja Gagal

Lima Hal Ini Yang Bisa Membut Wawancara Kerja Gagal

18
BAGIKAN
Ilustrasi/Tempo.co

Wawancara merupakan tahapan penting dalam seleksi untuk mendapatkan pekerjaan. Bisa jadi, meski memiliki  resume yang bagus, kemungkinan pekerjaan masih bisa terlepas jika gagal dalam wawancara.

Saat diwawancarai, perasaan yang umum biasanya gugup. Perasaan tersebut bisa mengganggu konsentrasi, yang akhirnya mempengaruhi penampilan. Itulah mengapa kita harus mencoba yang terbaik untuk siap dan percaya diri, serta berpakaian dengan tepat.

Wawancara itu penting, terlepas dari seberapa baik lamaran kerja. Membuat komentar atau melakukan tindakan tertentu yang tidak tepat kemungkinan besar akan merusak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Berikut adalah lima hal yang sebaiknya tidak kita lakukan selama wawancara kerja.

  1. Datang terlambat

Siapkan waktu lebih untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak terduga selama perjalanan menuju tempat wawancara. Ingat, kita sedang mencoba untuk membuktikan kelayakan untuk pekerjaan yang dilamar dan datang terlambat adalah tkita dari perilaku yang berpotensi negatif di masa depan. Jika terjadi hambatan dalam perjalanan yang akan menyebabkan kita datang terlambat, beritahu pewawancara segera.

  1. Pakaian tidak pantas

Kesan pertama penting sehingga kita perlu untuk berpakaian dengan tepat untuk wawancara. Biasanya, kemeja atau jas adalah pilihan yang tepat. Sangat tidak disarankan untuk mengenakan jins atau pakaian santai. Tidak berlebihan dalam memakai riasan (bagi wanita) atau lupa mencukur janggut (bagi pria).

  1. Menghina atasan dan rekan kerja di perusahaan lama

Sulit buat Kita untuk menjelaskan mengapa meninggalkan perusahaan sebelumnya atau mengapa ingin pergi, dan ini terutama berlaku jika Kita telah dipecat dari perusahaan lama. Namun, tahan dan kendalikan diri untuk tidak berkata buruk tentang atasan atau rekan kerja di tempat kerja sebelumnya.

Menjelek-jelekkan atasan atau rekan kerja dari tempat kerja yang sebelumnya akan membuat Kita terlihat seperti orang yang negatif. Sebaliknya, cobalah untuk mengarang alasan lain untuk mencari pekerjaan baru dalam pandangan yang positif.

  1. Tidak ada persiapan
Baca Juga :  Ini 5 Tips Memilih Hewan Qurban Yang Sehat

Persiapan akan membantu dalam melakukan yang terbaik untuk membuktikan bahwa Kita adalah kandidat kuat untuk pekerjaan itu. Antisipasi kemungkinan pertanyaan wawancara berdasarkan posisi kerja yang dilamar dan perusahaan, dan siapkan jawabannya.

Jangan lupa siapkan pertanyaan untuk ditanyakan. Jika tidak memiliki pertanyaan, Kita bukan hanya terlihat tidak siap, tetapi juga terlihat tidak tertarik pada pekerjaan yang ditawarkan.

  1. Memberikan jawaban buruk dan negatif

Jika Kita menjawab pertanyaan wawancara dengan jawaban atau menggunakan kata-kata yang buruk, maka bersiaplah untuk menyebar surat lamaran ke perusahaan lain. Inti dari wawancara adalah untuk menunjukkan apa yang bisa Kita lakukan sehingga gagal memberikan jawaban yang baik adalah kesalahan terburuk.

Bagian dari persiapan adalah mengantisipasi pertanyaan wawancara dan jawaban yang masuk akal. Tetapi, masalahnya Kita tidak akan dapat memprediksi setiap pertanyaan. Banyak pelamar kerja bingung dengan pertanyaan individu sehingga kemudian mengatakan apa pun yang pertama ada di pikiran.

Tidak mengapa mengambil jeda satu menit untuk memikirkan jawaban dan memberikan respon yang jujur, kreatif, tetapi juga pas untuk pertanyaan itu.

www.tempo.co