loading...

WONOGIRI-Sedikitnya 815 titik lampu penerangan jalan umum (LPJU) tenaga surya bakal dipasang di jalan kabupaten di Wonogiri. Proyek tersebut merupakan kelanjutan program sebelumnya.

“Tahun ini sudah dipastikan ada 815 unit LPJU tenaga surya.Untuk titik pemasangannya kemungkinan disebar di 25 kecamatan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Wonogiri, Ismiyanto, Jumat (10/8/2018).

Total anggaran untuk pengadan ratusan unit LPJU menurut dia, sebanyak Rp 35 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari dana bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Jateng 2018.

Baca Juga :  Rencana Pengadaan Alat Rapid Test di Wonogiri, Saat Ini Pemkab Masih Menghitung Jumlah Ideal dan Anggarannya

“Saat ini program tersebut sudah masuk di ULP. Harapan kami tidak terlambat dan bisa rampung tepat waktu,” tandas dia.

Namun yang jelas LPJU nantinya hanya terpasang di jalan kabupaten. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih boleh dipasang di jalan provinsi.

Baca Juga :  Kapan Tempat Wisata Seperti Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Dibuka Kembali? Begini Jawaban Bupati Joko Sutopo

Pada 2017 terpasang sekitar 600 unit LPJU yang tersebar di sejumlah kecamatan di Wonogiri. Dengan perincian sekitar 340 unit LPJU tenaga surya sedang sisanya LPJU jaringan listrik bersumber dana dari Bankeu Propinsi Jateng 2017 dan 183 unit LPJU LED yang merupakan bantuan dari Kementrian ESDM serta dukungan APBD Wonogiri. Aris Arianto