loading...
Para peserta workshop sedang berpose bersama dengan Wakil rektor I UMS, Dr Muhammad Dai. Foto Dok: UMS

SUKOHARJO-Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) kembali mempercayai Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai tuan rumah penyelenggaraan workshop persiapan akreditasi jurnal ilmiah elektronik Tahun 2018, Kamis (30/8/2018).

Bertempat di Gedung Siti Walidah Kompleks Kampsu UMS, workshop tersebut diikuti oleh 80 dosen dari perwakilan seluruh Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Farizky Rahman, Ketua Panitia menjelaskan, selain acara workshop akreditasi jurnal ilmiah, acara tersebut dibarengi dengan serah terima sertifikat jurnal ilmiah dari Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Ristekdikti).

“Jumlah penerima sertifikat sebanyak 67 orang dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia. Jenis kegiatannya ada dua, yaitu penyerahan sertifikat akreditasi jurnal ilmiah sebanyak 67 orang, dan workshop akreditasi jurnal ilmiah sejumlah 80 orang,” jelasnya.

Baca Juga :  Selamat! UMS Jadi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia 2020 Versi Uni-Rank

Adapun materi yang disampaikan dalam workshop kali ini mengenai kebijakan dan program Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional (Arjuna) dan Science And Technology Index (Sinta). Materi dipresentasikan oleh Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah, Verifikasi dan Evaluasi Diri ARJUNA, Achmad Maududie, ST, MSc dari Universitas Negeri Jember (UNEJ).

Sedangkan setup website e-jurnal dan kelengkapannya sesuai yang dibutuhkan ARJUNA oleh Tinton Dwi Atmaja MT (LIPI), mutu dan penyuntingan artikel ilmiah, plagiarisme dan pengecekan tata bahasa dengan pemateri Prof Dr Harun Joko Prayitno yang juga Dekan FKIP UMS.

Baca Juga :  Lepas Mahasiswa KKN Covid-19 UNS, Ganjar: UNS Tidak Ada Matinya

Acara juga dihadiri oleh Dr Lukman, ST, MHum dari Ristekdikti sekaligus menyerahkan sertifikat akreditasi jurnal ilmiah kepada peserta yang diundang. Acara dibuka oleh Wakil Rektor I UMS, Dr Muhammad Dai.

“Hasil setelah diadakannya workshop ini, membuat peserta semakin siap untuk diakreditasi jurnalnya” ungkap Farizky Rahman, yang juga bagian dari Tim Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah UMS (LPPI UMS). (Tim Akademia UMS | Muhammad Risqi)