JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Bupati Karanganyar Imbau Orangtua Tak Cepat-cepat Menikahkan Anak Perempuan. Ini Masalahnya!

Ilustrasi pernikahan dini
Ilustrasi pernikahan dini

 

KARANGANYAR-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mencanangkan 15 kampung KB di berbagai kecamatan secara serentak di Desa Kutho, Kecamatan Kerjo. Hadirnya kampung  diharapkan sebagai solusi keluarga sejahtera.

Program KB bukan melarang mempunyai anak akan tetapi mensejahterakan keluarga.

“Program ini digencarkan untuk mengendalikan jumlah penduduk. Sebab saat ini penduduk kita sudah sangat besar dan menempati lima besar negara di dunia. Hakekatnya program ini untuk mensejahterakan keluargam,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan sambutan dalam program pencanangkan kampung KB di Desa Kutho, Kecamatan Kerjo, Karanganyar.

Bupati mengatakan RT atau RW akan ada program laptopisasi. Program tersebut untuk mendata keluarga di wilayah RT masing-masing.

Baca Juga :  Makin Mengganas, Jumlah Warga Karanganyar Meninggal Terkait Covid-19 Meroket Jadi 75 Orang. Jumlah Kasus Positif Dekati Angka 400, Suspek 1.842

Pendataan itu mencakup jumlah keluarga sekaligus fotonya. Sehingga pemerintah bisa mengetahui keluarga secara detail. Termasuk menyarankan keluarga untuk tidak cepat-cepat menikahkan anak perempuan.

“Sebenarnya pengendalian itu ada pada kita sendiri. Tidak usah menggunakan alat ini atau alat itu jika seseorang ada masa subur. Jika mengetahui secara pasti maka keluarga akan menjadi sejahtera,” tambahnya.

Selain itu, Bupati Karanganyar mengatakan ada wacana penolakan imunisasi yang akan dilakukan. Pihaknya akan mendatangani dan memberikan penjelasan mengenai program imunisasi sehingga tidak ada kesalahpahaman informasi.

Baca Juga :  Terduga Pelaku Penembakan Kucing Tetangga di Colomadu Karanganyar Bisa Dijerat Pasal 302 KUHP. Polres Pastikan Segera Panggil Terlapor!

Sementara kampung KB yang diresmikan berjumlah 15 itu yakni Gerdu Desa Jetis Jaten, Dusun  Mojorejo Desa Plesungan Gondangrejo, Dusun Kepoh Desa Tohudan, Colomadu, Dusun Sambi, Desa Ploso, Kecamatan Jumapolo, Dusun Nglinggo, Desa Buran, Kecamatan Tasikmadu. Desa Sangin,  Jatipuro, Dusun Noyi, Desa Sidomukti Kecamatan Jenawi, Dusun Jambu Tokel Desa Jatirejo Ngargoyoso, dusun Bok Dalem, Desa Sukasari Jumantono.

Dusun Gondang, Desa Gondang Manis Kecamatan Karangpandan, Dusun Pagerjurang, Desa Wukirsawit Kecamatan jatyoso. Dusun Tangsing, Desa Karangsari Jatiyoso, Dusun Sidoharjo, Desa perereng Mojogendang, Dusun Sawahan Desa Pablengan Matesih dan Desa Kuto Kecamatan Kerjo. Wardoyo