JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Catat, Makan Ubi Bisa Mengurangi  Stres Lho!

Ilustrasi ubi
   
ilustrasi/tempo.co

Ubi memang terkesan makanan udik, namun sebenarnya memiliki banyak manaat bagi kesehatan tubuh. Tumbuhan ini banyak dijumpai di Indonesia, meski berasal dari benua Amerika, Selandia Baru dan Polinesia.

Jenis ubi pun bermacam-macam. Ada yang merah, putih, ungu atau kuning.

Ubi kaya antioksidan. Makin gelap warnanya, makin banyak kandungan antioksidannya. Ubi juga mengandung vitamin A, B, C, kalsium dan potasium yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan.

Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi ubi untuk kesehatan pria:

  1. Mengurangi stres

Menurut Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, kandungan kalium tinggi dalam ubi jalar cukup untuk menurunkan tekanan darah secara signifikan dan mengimbangi efek stres.

  1. Penuhi kebutuhan serat
Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Penelitian yang dilakukan oleh Cleveland Clinic menemukan bahwa ubi adalah salah satu sumber serat makanan utama dunia, yang berarti dapat membantu menurunkan kolesterol dan penurunan berat badan secara sehat.

  1. Anti aging

Institut Kesehatan Nasional menemukan ubi jalar mengandung 100% vitamin A RDA, yakni bahan aktif dalam sebagian besar krim anti penuaan atau anti aging.

  1. Jaga berat badan

Ubi dapat menetralisir kerusakan yang disebabkan oleh permen dan makanan manis lainnya yang kurang sehat. Ubi kaya akan magnesium yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan memetabolisme karbohidrat dan mendorong nafsu makan yang stabil, menurut penelitian oleh Oregon State University.

  1. Terhindar dari kanker

Mengolah ubi dengan cara dipanggang di microwave selama 8 menit ternyata lebih baik bagi kesehatan, salah satunya menghindarkan peluang terkena kanker. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan diet kaya beta-karoten mengurangi risiko kanker prostat hingga 40 persen.

  1. Tidur nyenyak
Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Menurut Journal of Medicinal Food, ubi mengandung kolin, yakni zat yang dapat membantu mengatasi masalah susah tidur. Dengan makan ubi, seseorang akan dapat tidur dengan nyenyak.

  1. Lawan infertilitas

Ubi kaya akan potasium yang membantu melawan tekanan darah tinggi, yang berkaitan dengan risiko disfungsi ereksi. Ubi juga kaya akan beta-karoten, memenuhi asupan vitamin A untuk tubuh, yang membantu atasi masalah infertilitas.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com