loading...


Ilustrasi Rekrutmen CPNS

JAKARTA – Ini yang ditunggu-tunggu.  Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan dimulai pada 19 September 2018.

Saat ini, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2018 masih terus memantapkan persiapan teknis untuk kesuksesan rekrutmen tahun ini.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) di akun Twitternya yang terverifikasi mengatakan, saat ini panitia masih melakukan input formasi untuk 76 Kementerian/Lembaga dan 525 Pemerintah Daerah (Pemda) yang membuka pendaftaran.

Bila proses input formasi sudah selesai, maka web SSCN akan diaktivasi.

“#SobatBKN, saat ini proses input formasi, persyaratan dll msh berlangsung di back office SSCN. Jika 76 K/L & 525 Pemda sdh selesai, baru web SSCN akan diaktivasi. Instansi wajib sebarkan info formasi & persyaratan di web & medsos masing2,” jelas BKN.

Baca Juga :  Heboh Beredar Foto dan Video Bugil Mahasiswi-Mahasiswi Cantik Surabaya di Medsos. Ada Juga Guru Honorer

Tahun ini, pemerintah membuka 238.015 formasi CPNS, terdiri dari 51.271 untuk Instansi Pusat (76 Kementerian/lembaga) dan 186.744 bagi 525 Instansi Daerah.

Seperti dilansir Tribunjogja.com dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di laman resminya, untuk pemerintah pusat tersedia 24.817 formasi bagi pelamar umum, guru madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Baca Juga :  Ironis, Jakarta Tak Masuk 10 Besar Kota Toleran di Indonesia. Berikut Daftar Top 10 Kota Paling Toleran di Indonesia!

Untuk Pemerintah Daerah (Pemda), 88.000 formasi tersedia untuk guru kelas dan mata pelajaran, guru agama sebanyak 8.000 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 60.315 formasi (dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan tenaga medis/paramedis), serta tenaga teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Ada pula formasi khusus yang terdiri dari putra/putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Baca Juga :  Takut Hubungan Gelapnya Dibongkar, Pria Ini Nekat Bunuh Selingkuhannya dengan Obeng

Nantinya, pendaftaran akan dilakukan secara terintegrasi di laman sscn.bkn.go.id, yang dikoordinasikan oleh BKN.

Calon pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan. #tribunnews

Loading...