JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pilpres 2019, Tiga Bos Media Massa di Barisan Pendukung Jokowi

Tes Kesehatan Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin Ditemani Anak Bungsunya. tempo.co
   
Tes Kesehatan Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin Ditemani Anak Bungsunya

JAKARTA– Pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin telah memilih Erick Thohir sebagai ketua Tim Kampanye mereka. Dipilihnya Erick sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional ini menambah daftar pemilik media massa sebagai pendukung Jokowi.

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan meski mendapat dukungan dari banyak pemilik media, jalan Jokowi-Ma’ruf untuk memenangi pilpres 2019 belum tentu mulus.

Jokowi perlu berhati-hati meski pegang semua bohir media, karena (media) enggak jadi penentu kemenangan,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center itu saat dihubungi Tempo, Kamis(6/9/ 2018).

Sebelum Erick Thohir, sejumlah pemilik media massa diketahui memang menjadi pendukung Jokowi. Berikut daftar pemilik dan medianya yang menjadi pendukung Jokowi untuk Pilpres 2019:

1. Surya Paloh
Surya Paloh merupakan Ketua Umum Partai Nasdem yang menjadi salah satu parpol pendukung Jokowi. Lelaki bernama lengkap Surya Dharma Paloh ini adalah pemilik kelompok usaha media massa bernama Media Group.

Media Group berisikan media massa dari skala lokal sampai ke nasional, dan dari media cetak, elektronik, hingga daring. Beberapa media cetak di dalam grup media Surya Paloh ini yaitu harian Media Indonesia, Lampung Post, dan tabloid Prioritas.

Di media elektronik, Surya Paloh juga memiliki stasiun televisi yaitu Metro TV. Metro TV merupakan salah satu televisi swasta terbesar di Indonesia yang telah ada sejak tahun 2000.

Baca Juga :  Kemnaker Imbau Gojek dan Grab Berikan THR, Asosiasi Driver Online Pesimis

Media Group milik Surya Paloh ini juga memiliki beberapa media daring atau online. Media online tersebut antara lain, Medcom.id, MediaIndonesia.com, MetroTVNews.com,serta Lampost.co.

2. Hary Tanoesoedibjo
Hary Tanoesoedibjo dikenal sebagai pengusaha sebelum masuk ke dunia politik. Dia dalah Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sekaligus pemilik usaha media massa bernama MNC Group.

MNC Group milik Hary tak hanya bergerak di bidang usaha media massa. Meski demikian, MNC Group memiliki anak usaha media massa skala besar dari media cetak, media elektronik, hingga media daring.

Setidaknya, MNC Group milik Hary Tanoe memiliki empat stasiun televisi yaitu MNC TV, Rajawali Citra Televisi Indonesia alias RCTI, GTV, dan iNews TV. Hary Tanoe juga mempunyai beberapa staisun radio antara lain MNC Trijaya FM, Global Radio, dan V Radio.

Untuk media cetak, Hary Tanoe memiliki harian Koran Sindo dan majalah Sindo Weekly. Selain itu, ada beberapa majalah di dengan segmen tertentu di dalam MNC Group antara lain tabloid Genie, Mom & Kiddie, dan HighEnd Teen.

Hary Tanoe juga menjajali pasar media daring di Indonesia dengan memiliki beberapa portal berita online. Antara lain, Okezone.com, Sindonews.com, dan iNews.id

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

3. Erick Thohir
Erick Thohir resmi ditunjuk sebagai Ketua tim kampanye Jokowi dan Ma’ruf pada Sabtu pekan lalu. Dia merupakan seorang yang baru di dunia politik, namun orang lama dalam bidang usaha media.

–– ADVERTISEMENT ––

Baca: Dukung Jokowi – Ma’ruf, GRJ Garap Radio dan Televisi Streaming

Erick dikenal sebagai pemilik Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk yang berfokus di bisnis media massa dan hiburan. Bisnis media massanya mulai dari media cetak, media elektronik, dan media daring.

Erick merupakan pemilik surat kabar nasional harian Republika yang pertama kali terbit pada tahun 1993. Selain itu, ada pula surat kabar berbahasa Mandarin, Harian Indonesia, yang dimiliki Erick. Dia turut memiliki beberapa majalah dengan segmen tertentu yakni Majalah a+ dan Majalah Golf Digest Indonesia.

Untuk media elektronik, Erick setidaknya memiliki dua stasiun televisi yaitu Jak TV dan Alif TV. Jak TV adalah stasiun televisi lokal di Jakarta sedangkan Alif TV merupakan TV berlangganan bertema islami.

Erick juga diketahui memiliki beberapa stasiun radio yaitu Gen FM, Jak FM, Hot FM, Most FM, dan Kis FM. Di bidang media online, dia memiliki portal berita Republika Online dan Sportku.com.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com