loading...

Tribunnews

JAKARTA – Salah satu cara untuk masyarakatkan angkutan massal adalah dengan menyediakan moda transportasi yang aman, nyaman dan menarik. Pemkot Bogor telah mencoba memenuhi keiteria tersebut.

Sabtu (8/9/2018) kemarin, Komunitas pengusaha angkot di Kota Bogor yang tergabung dalam wadah Koperasi Duta Jasa Angkutan Mandiri (KODJARI) berinovasi dengan menghadirkan angkot modern.

Angkot baru ini menggunakan platform Suzuki APV atau disebut juga Suzuki Mega Carry dengan kabin yang dilengkapi dengan AC dan fitur entertainment, berupa audio serta televisi LCD.

Angkot modern ini resmi diluncurkan Sabtu (8/9/2018) kemarin, ditandai dengan serah terima unit angkot modern secara simbolis dari KODJARI kepada Pemerintah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

Dewi, pimpinan KODJARI mengatakan, angkot modern ini akan punya tarif murah dan bersaing.

“Kami sudah tetapkan batas tarif atasnya adalah Rp 7.000. Kami juga tengah mengupayakan sinergi dengan beberapa bank sehingga pembayaran bisa dilakukan secara cashless (tanpa uang tunai) agar bisa membuat tarif jadi lebih murah lagi, yaitu Rp 4.000 sekali naik,” ungkap Dewi.

Loading...

Angkot ini sudah dilengkapi AC dan fitur hiburan audio dan video dengan TV LCD, kamera CCTV, layanan pembayaran tiket cashles serta pintu otomatis.

Harapannya, dengan strategi ini banyak warga Bogor yang kembali berminat naik angkot untuk mendukung mobilitas harian mereka.
Penggarapan sistem entertainment di angkot modern ini dipercayakan kepada Audioworkshop.

“Awalnya saya diminta Ibu Dewi selaku pimpinan Koperasi Kodjari untuk membuat sketsa desain angkot modern dengan membuat 3D design. Pengembangan angkot moderen ini dilakukan dalam rangka merevitalisasi angkutan kota di Bogor dan Kabupaten Bogor,” buka Wahyu Tanuwidjaja, Direktur PT Audioworkshop.

Proyek angkot modern menurut Wahyu, dikembangakan melalui riset mendalam. Tidak saja dari suguhan fitur yang lebih lengkap namun juga dari sisi eksteriornya.

Sesuai namanya, angkot modern mengedepankan unsur kepraktisan dan kenyamanan bagi penumpang, mulai dari akses masuk menggunakan pintu otomatis dengan bukaan pintu hidrolik dan kabin yang nyaman karena dilengkapi AC.

Kabin angkot modern ini juga dirancang modern seperti tata penchayaan ala angkutan komuter dengan sisipan ambient light, TV layar datar untuk memutar video atau musik, serta soket USB untuk mengisi daya smartphone.

“Kami menyiapkan angkot modern ini juga sebagai sarana bagi perusahaan untuk beriklan,” imbuh Dewi lagi.

Untuk tahap awal hingga akhir September 2018, KODJARI sudah menyiapkan 26 unit angkot modern dan awal tahun 2019 nanti ditargetkan sudah tersedia 120 unit.

“Intinya angkot modern ini akan menjadi pilot project angkutan kota yang nyaman dan aman serta didukung oleh sopir terlatih, berseragam dan dilengkapi dentitas,” lanjut Dewi. #tribunnews

Loading...