loading...
Loading...
pexels

Lazimnya kopi berwarna hitam, sebab dibuat dari biji kopi yang juga berwarna hitam karena proses pemanggangan (roasting). Tapi selain hitam, ada pula kopi hijau atau green coffee.

Kopi hijau berasal dari biji kopi Arabika yang tidak melalui proses pemanggangan, sehingga warnanya tetap hijau dan kandungan antioksidannya tetap terjaga. Jenis kopi ini dipercaya efektif sebagai penurun berat badan. Selain itu, juga dikatakan mampu melindungi jantung dan menurunkan risiko penyakit syaraf, hingga efek anti-penuaan.

Baca Juga :  Tenaga Teknis Kefarmasian Prodi D3 Farmasi UNS Diambil Sumpah

Secara garis besar, kopi hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti dijelaskan oleh ahli gizi Kavita Devgan dan Tripti Tandon berikut ini yang dilansir dari Hindustan Times:

1. Tinggi antioksidan
Karena mentah dan tidak diproses, kopi hijau mengandung 100 persen asam klorogenik murni, yang berarti sangat tinggi kandungan antioksidannya. Kopi hijau dapat mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas dalam tubuh kita, dan juga tinggi kadar potasium dan rendah sodium, yang membantu menjaga tekanan darah.

Baca Juga :  Anda yang Gendut, Awas Kanker Ginjal!

2. Bantu mengontrol gula darah
Kopi hijau membantu menurunkan peradangan dalam tubuh dan membantu menurunkan kadar gula dalam aliran darah. Oleh karena itu, kopi hijau sangat membantu dalam menangani diabetes.

3. Detoks alami
Kopi hijau secara alami mendetoksifikasi tubuh dengan membersihkan hati dan membuang racun dan lemak yang tidak perlu, serta meningkatkan metabolisme karena mengandung asam klorogenik.

Baca Juga :  Seluruh Gizi Dalam Susu Penting Bagi Tubuh, Begini Aturan Minumnya

4. Mengurangi tingkat LDL
Tingginya kadar Low-Density Lipoprotein (LDL), juga dikenal sebagai kolesterol jahat, dapat menyebabkan masalah jantung. Minum kopi hijau dapat membantu menjaga kadar LDL.

5. Melembabkan kulit
Kopi hijau mengandung asam rahidic, asam linoleat, dan asam oleat bersama dengan asam lemak yang penting dalam menjaga kulit terhidrasi dan lembab.

www.tempo.co

Loading...