JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Juara I Tingkat Kecamatan Pasar Kliwon, SD Marsudirini Solo Maju Lomba Toilet Sehat Tingkat Kota

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Dok Sekolah

SOLO – Setelah menyisihkan enam sekolah lainnya,  akhirnya  SD Marsudirini Surakarta berhasil meraih Juara I dalam lomba Toilet Sehat tingkat Kecamatan Pasar Kliwon.

Dengan demikian, sekolah yang beralamat di Jalan Sugiyopranoto No. 2 Solo ini berhak maju dalam lomba serupa di tingkat Kota Solo.

Kepala SD Marsudirini Surakarta, Sr. M. Crescentia, OSF, S.Pd  mengaku gembira dengan keberhasilan tersebut. Namun dia menegaskan, kejuaraan bukan menjadi  tujuan utama dalam hal ini.

“Kami selalu berupaya kebersihan menjadi habit bagi seluruh civitas sekolah. Bukan hajya murid saja, tapi semuanya,” ujar Sr Crescentia kepada Joglosemarnews, Jumat (12/10/2018).

Baca Juga :  Kunjungi Ponpes Budi Utomo, Ketua MUI Jakarta Tekankan Pentingnya Protokol Kesehatan

Lebih lanjut Sr Crescentia mengatakan, meski meraih Juara, namun sebenarnya ada beberapa catatan yang  diberikan oleh dewan juri. Di antaranya adalah jumlah yang belum berimbang antara jumlah toilet wanita dengan jumlah anak didik wanita. Sementara dari sisi kebersihan sudah memenuhi kriteria.

“Jumlah toilet wanita memang masih kurang dua ruangan. Ya ini menjadi catatan kami,” ujarnya.

Sementara menghadapi penilaian dalam lomba serupa di tingkat Kota, Suster mengaku tidak melakukan persiapan apapun. Pasalnya, kebersihan sudah menjadi habit di sekolah tersebut.

Baca Juga :  19 Mahasiswa UNS Jalani Magang di SMP Negeri 8 Surakarta

“Apapun hasilnya kami tak mempersoalkan, karena yang penting adalah bersih sesuai kenyataannya. Budaya bersih kan tidak bisa dipoles dalam waktu sesaat,” tambahnya.

Humas Sekolah, Yupirtus Suratno mengatakan, beberapa unsur yang dinilai antara lain adalah kebersihan, standar operasional prosedur (SOP), petunjuk arah ke toilet, sirkulasi udara agar tidak bau serta kelengkapan serta kondisi peralatan kebersihan.  #suhamdani