JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Cukur Rambut Gratis Setelah Ngaji Satu Surah di Barber Ngaji Alun-alun Kota Tegal

Lokasi Barber Ngaji untuk cukur gratis, di Alun-alun Kota Tegal, Jumat (30-11-2018). Buka tiap hari Jumat. tribunnews

Lokasi Barber Ngaji untuk cukur gratis di Alun alun Kota Tegal Jumat 30 11 2018. Buka tiap hari Jumat.
Lokasi Barber Ngaji untuk cukur gratis, di Alun-alun Kota Tegal, Jumat (30-11-2018). Buka tiap hari Jumat. tribunnews

TEGAL – Di salah satu sudut di Alun-alun Kota Tegal terlihat tidak seperti biasanya. Jumat (30/11/2018) pagi ada pemandangan berbeda, di bagian selatan Alun-alun Kota Tegal, dekat Kamar Mandi Umum.

Di tempat itu sedang digelar Barber Ngaji alias cukur rambut gratis.

Barber Ngaji hadir di kawasan Alun-alun Kota Tegal, buka setiap Jum’at pagi, jelang salat jumat.

Dengan nada pelan, M. Syamsul (54) membacakan Al-Kautsar, surah ke-108 pada kitab Al-Qur’an di tempat tersebut.

Tukang becak asal Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur ini bukan tanpa sebab tiba-tiba membacakan salah satu surah dalam Al-Quran di alun-alun yang merupakan pusat Kota Tegal.

“Ya saya sering ngebecak di wilayah Alun-alun. Jadi tahu kalau ada cukur gratis tiap hari Jumat. Maka dari itu, kebetulan sekalian aja cuku rambut saya yang lumayan mulai panjang,” ujar Syamsul Jumat (30/11/2018).

Baca Juga :  Malam Lebaran, 2 Pemuda di Padamara Nekat Berbuat Terlarang. Sudah Mulutnya Bau Alkohol, Yang Dibawa Barang Berdosa

Barber Ngaji sendiri memang memberikaan pelayanan potong rambut gratis hanya dengan membaca salah satu ayat Al Qur’an.

Barber Ngaji ini diinisiasi oleh Barber Apik yang terletak di Jalan Raya Adiwerna, utara SPBU Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Jum’at pagi (30/11/2018) ini, nampaknya puluhan orang ramai dari berbagai kalangan menunggu antrian potong rambut gratis.

Selviana, Owner Barber Apik mengatakan, layanan potong rambut gratis untuk memberikan apresiasi bagi penghafal Al Qur’an.

“Kami memberikan cukur gratis cukup dengan membaca salah satu ayat atau surah dalam Al Qur’an. Jadi, sebisanya ayat atau surat apa aja,” kata Selvi sembari mempersilahkan duduk para pengantri yang hendak dicukur.

Selvi menyebut bahwa Barber Ngaji-nya itu sudah berjalan sebanyak tujuh kali.

“Kegiatan amal ini akan rutin digelar setiap hari Jum’at, mulai pukul 07.00-11.00 WIB,” tambahnya.

Baca Juga :  Tewaskan 4 Warga, Kapolda Jateng Cek Lokasi Ledakan Mercon di Kebumen. Ancam Pidanakan Pelaku Mercon Hingga 20 Tahun Penjara

Sementara, Majid (41), seorang tukang cukur Barber Ngaji menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk sadaqoh, terlebih menjelang Salat Jumat.

Menurut dia, dipilihnya hari Jumat sendiri karena masuk dalam kegiatan sunah ibadah jelang Salat Jumat.

“Jadi kan ada sunahnya, cukur dulu sebelum Salat. Maka dari itu, hari Jumat adalah waktu yang tepat untuk mencari baroqah. Ya istilahnya Jumat Baroqah,” ujar Majid sambil mencukur pelanggannya.

Selama hampir tujuh minggu berlangsungnya Barber Ngaji di Alun-akun ini, kata dia, mayoritas pelanggan lebih banyak melafalkan surah An-nass, Al-Ikhlas, ataupun Al- Kautsar.

“Ya tidak apa-apa. Kalo surahnya panjang juga, nanti antriannya jadi panjang. Di sini kami hanya ingin berbagi selaku tukang cukur,” ungkap Majid.

www.tribunnews.com