JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Generasi Emas 2045 ada di Tangan Mahasiswa


loading...
Loading...
Istimewa

SOLO – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta  mengadakan kuliah perdana dengan mengambil tema “Persiapan Calon Guru Berketerampilan abad 21 Menyongsong Generasi Emas 2045” pada Kamis (29/11/2018). Bertempat di Hotel Syariah Solo, acara ini dihadiri oleh 269 Mahasiswa PGSD, Dekan, kaprodi dan dosen dengan menghadirkan narasumber utama yakni Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed.

Baca Juga :  Toilet Kejujuran ala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Tumbuhkan Karakter Anti Korupsi

Acara dibuka oleh rector, Prof. Dr. Ir. Kapti Rahayu Kuswanto dalam sambutannya menekankan kepada semua mahasiswa bahwa hal penting atau bekal yang dibutuhkan oleh seorang guru adalah harus mempunyai attitude.

Sementara ketua penyelenggara kuliah perdana, Anggit Grahito Wicaksono, S.Pd., M.Pd. menyatakan bahwa tujuan acara ini memberikan bekal pengetahuan kepada calon Guru agar bisa melahirkan generasi emas di tahun 2045.

Baca Juga :  Persemki : Lulusan Sekolah Kesehatan Diuntungkan Dalam Era Revolusi Industri 4.0 Karena Tidak Terganti Dengan Robot

“Guru profesional harus memiliki empat kompetensi, yaitu profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial, dimana hal tersebut sebagai peletak dasar pendidikan di Sekolah Dasar,” urai Oktiana Handini, S.Pd., M.Pd selaku Kaprodi PGSD.

Sementara itu, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed, menyampaikan bahwa Indonesia pada 25 tahun lagi diharapkan mengalami puncak peradaban serta kejayaan dan hal itu diserahkan kepada generasi muda sekarang ini, khususnya Guru sebagai orang yang memberikan bekal kepada generasi penerus.

Baca Juga :  Gibran Maheswara, Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo  Raih Juara Festival Dalang Cilik Nasional

“Bekal utama seorang calon guru untuk mencapai kesuksesan, menurut Harvard University yakni 80% di tentukan oleh softskill dan 20% hardskill,” pungkasnya.

Kuliah perdana yang diselenggarakan PGSD dilaksanakan setiap  satu tahun sekali dan diharapkan tahun depan akan diadakan acara serupa dengan pembahasan yang lebih kontekstual. Triawati PP

Loading...